Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Hujan Ringan Panjang Kembali Picu Longsor di Magetan

HOLOPIS.COM, MAGETAN – Bencana alam tanah longsor kembali mendera wilayah Kabupaten Magetan, Jawa Timur, pada Jumat petang (17/2).

Seperti pemicu yang kerap terjadi sebelumnya, longsor kali ini juga disebabkan guyuran hujan dalam tempo berkepanjangan.

Kondisi cuaca itu mengakibatkan material tebing longsor 2 titik di Kelurahan Alastuwo, Kecamatan Poncol. Bukit berketinggian sekira 6 meter di lokasi itu, ambrol menimpa rumah di bawahnya.

Sedangkan tanah longsor di sisi lain di Kelurahan tersebut sempat menjebol tembok padepokan pencak silat. Hempasan material menjebol tembok belakang, hingga ‘muntah’ ke bagian muka bangunan itu.

Kepala Kelurahan Alastuwo, Anik Rahayu membenarkan adanya tanah longsor di wilayahnya. Disebutnya, material longsor mengenai sebuah padepokan pencak silat dan rumah warga.

“Benar ada longsor di sini. Itu karena terjadi hujan beberapa hari ini. Termasuk sore ini. Tadi personel BPBD sudah ke sini melakukan pengecekan,” jelas Anik Rahayu saat dikonfirmasi Holopis.com Jatim, Jumat (17/2).

Material yang menjebol tembok padepokan pencak silat tidak menimbulkan korban jiwa. Lantaran, saat terjadi longsor tidak ada siswa pencak silat yang sedang berlatih.

Sementara pihak BPBD Kabupaten Magetan telah mengirim sejumlah personel reaksi cepat ke lokasi kejadian. Mereka dikirim untuk melakukan kaji cepat, menyangkut data lengkap terkait peristiwanya.

“Iya, tadi ada laporan masuk dari perangkat kelurahan di sana. Infonya ada 2 titik longsor dan beberapa personel BPBD sudah berangkat melakukan pengecekan,” terang Operator Pusdalops BPBD Magetan.

Bencana alam ini tidak menimbulkan korban jiwa. Juga tidak terdapat fasilitas umum kelurahan setempat yang terdampak.

Meski begitu, pemerintah daerah setempat menghimbau agar setiap warga tidak pernah lengah. Sebab, curah hujan di wilayah itu masih tinggi yang dimungkinkan setiap saat muncul bencana alam. (FIN)

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Pemkot Tangsel Keluarkan Edaran Rawan Penculikan Anak

HOLOPIS.COM, BANTEN - Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengeluarkan...

SEMMI Sumbar Gelar Muswil ke-II, Tetapkan Nopalion Jadi Formatur Ketum

Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (SEMMI) wilayah Sumatera Barat telah melaksanakan musyawarah wilayah (Muswil) ke-II yang dilakukan di aula Dekopin Sumatera Barat pada hari Minggu 25 Agustus 2024 kemarin.

MRT Jakarta Resmikan Halte Transport Hub

PT MRT Jakarta (Perseroda) meresmikan Halte Transport Hub dan area pujasera (food court) Rasa Padu di Gedung Transport Hub MRT Jakarta, Dukuh Atas, Selasa (9/7).
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru