Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024
NewsEkobizSri Mulyani Pastikan Anggaran K/L yang DIblokir Bisa Dibuka Kembali

Sri Mulyani Pastikan Anggaran K/L yang DIblokir Bisa Dibuka Kembali

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati menjelaskan perihal pemblokiran anggaran Kementerian atau Lembaga (K/L) dari pagu anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) alias automatic adjustment, yang sempat ramai diperbincangkan beberapa waktu terakhir.

Sri Mulyani mulanya menjelaskan, bahwa APBN merupakan instrumen yang menjadi penopang negara dalam menghadapi berbagai tantangan yang ada, termasuk guncangan global yang terjadi beberapa tahun terakhir ini.

“Caranya? APBN harus mampu secara cepat dan tepat merespons tantangan saat dibutuhkan. Salah satu caranya dengan automatic adjustment,” terang Sri Mulyani sebagaimana dikutip Holopis.com dari unggahan di akun Intsagram pribadinya, Jumat (17/2).

Sebagai informasi, automatic adjustment merupakan pencadangan belanja pemerintah pusat yang berasal dari sebagian belanja kementerian dan lembaga, sehingga anggaran belanja pemerintah pusat diblokir sementara dari pagu APBN.

Untuk tahun 2023 ini besaran anggaran belanja K/L yang diblokir sebesar 5,02 persen dari total belanja K/L pusat. Besaran yang diambil dari anggaran K/L pun menyesuaikan dari pagu anggaran masing-masing K/L.

Sri Mulyani menegaskan, automatic adjustment bukan pemotongan anggaran seperti yang ramai diberitakan saat ini, melainkan sebuah strategi pemerintah dalam mengatur prioritas belanja negara, agar lebih efisien dalam menghadapi ketidakpastian global.

“Apakah ini pemotongan anggaran seperti yang banyak diberitakan? Automatic adjustment bukan merupakan pemotongan anggaran. Ini merupakan strategi antisipatif terhadap ketidakpastian perekonomian global dan kondisi geopolik saat ini, melalui prioritas belanja,” tegasnya.

Dalam sebuah tayangan video yang diunggah oleh Sri Mulyani, Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan semua anggaran prioritas, seperti anggaran perlindungan sosial untuk pemulihan ekonomi nasional tetap aman.

“Nggak perlu khawatir, blokir ini hanya sementara dan dapat dibuka kembali jika tidak membutuhkan peningkatan anggaran yang signifikan,” tukas ASN Kemenkeu.

Terakhir, Sri Mulyani mangatakan bahwa perekonomian Indoensia masih dalam kondisi baik. Menurutnya, hal itu lah yang harus dijaga, yakni dengan tetap bersikap optimis, namun juga waspada.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Pasar Keuangan RI Banjir Dana Asing dalam Sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia selama sepekan terakhir, yakni selama periode transaksi 17 - 19 September 2024 sebesar Rp 25,6 triliun.

Harga Bahan Pangan Kompak Naik di Akhir Pekan

Harga bahan pangan secara nasional di tingkat pedagang eceran terpantau mengalami kenaikan pada akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.

Akhir Pekan, Segini Harga Emas Galeri 24, Antam hingga UBS di Pegadaian

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan, kecuali emas UBS yang mengalami kenaikan tipis pada perdagangan akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.

Akhir Pekan, Harga Emas Antam Ngegas Jadi Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Sabtu 21 September 2024.