HOLOPIS.COM, JAKARTA – Berciuman bagi masing-masing pasangan biasanya dilakukan di momen-momen tertentu. Namun, tahukah anda ternyata berciuman punya manfaat bagi kesehatan?

Dikutip dari Alodokter, berciuman bisa membuat otot-otot wajah dapat menjadi lebih kencang dan terlihat awet muda.

“Latihan otot wajah melalui ciuman juga bisa merangsang pembentukan kolagen, yaitu protein yang dapat membuat kulit wajah tampak kencang, elastis, dan cerah, serta mencegah penuaan dini,” tulis keterangan seperti dikutip Holopis.com, Jumat (17/2).

Selain mengencangkan kulit, bagi anda yang berniat untuk mengurangi berat badan ternyata bisa menggunakan berciuman bersama pasangan menjadi pilihan.

Pasalnya, aktivitas otot-otot wajah saat berciuman mampu membakar sekitar 2–25 kalori per menit, tergantung seberapa besar gairah Anda dan pasangan. Jumlah kalori yang terbakar juga bisa lebih banyak ketika ciuman bibir dilakukan sambil berhubungan intim.

Meski demikian, berolahraga secara rutin tetap harus Anda lakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Dari beberapa studi kemudian juga menunjukkan bahwa ciuman bibir juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan tubuh dapat melepaskan hormon yang dapat mengatasi stres saat berciuman. Stres merupakan salah satu penyebab melemahnya daya tahan tubuh