Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Besok Isra Miraj, Yuk Perbanyak Shalawat

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Isra Mi’raj adalah sebuah kejadian luar biasa dan sangat penting bagi umat Islam. Dimana pada tanggal 27 Rajab tahun kedelapan Kenabian, Rasulullah SAW mendapatkan kesempatan untuk menjalankan time travel sekaligus space travel langsung dari Allah SWT.

Lantas, kapan peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW itu diperingati, yakni pada hari Sabtu 18 Februari 2023. Sehingga besok adalah bertepatan hari bersejarah itu terjadi.

Berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2023, peringatan Isra Mi’raj 2023 masuk ke dalam hari libur nasional. Sehingga peringatan tersebut adalah tanggal merah.

Kembali lagi tentang peristiwa Isra Mi’raj, Nabi Muhammad kala itu diberikan kesempatan untuk melakukan perjalanan dari Masjidil Haram (Makkah) ke Masjidil Aqsha (Palestina). Lalu menuju ke Sidratul Muntaha (Langit Ketujuh) untuk bertemu dan bertatapan langsung dengan Allah SWT dan menerima perintah shalat, yang hingga sampai saat ini dijalankan oleh umat Islam di seluruh dunia.

Semua perjalanan itu dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW efektif hanya sepertiga malam saja. Pemandu wisata reliji yang dijalani oleh Rasulullah itu adalah Malaikat Jibril dengan kendaraan super istimewa bernama Buraq.

Perjalanan suci Rasulullah Muhammad SAW itu pun diabadikan oleh Allah SWT di dalam Alquran. Di dalam Alquran Surat Al Isra ayat 1, dijelaskan bahwa memang peristiwa spesial itu terjadi.

سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ

Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat. ~ QS : Al Isra ayat 1.

Sekedar diketahui Sobat Holopis, bahwa di dalam perjalanan bertemu Allah SWT, Nabi Muhammad awalnya mendapatkan perintah shalat 50 kali dalam sehari. Namun di langit keenam, Rasulullah bertemu dengan Nabi Musa as. Di sana Rasulullah disarankan untuk kembali bertemu Allah dan meminta keringanan jumlah waktu shalat dalam sehari, sebab dirasa umat Muhammad nanti akan keberatan jika jumlah shalat sebanyak itu.

“Kembalilah menghadap Tuhanmu, sesungguhnya umatmu tidak akan sanggup melaksanakannya,” kata Nabi Musa kepada Nabi Muhammad SAW.

Hingga akhirnya di dalam kisah diceritakan, bahwa Nabi Muhammad mendapatkan diskon jumlah shalat sebanyat 45 kali. Sehingga sesampainya di bumi, waktu shalat dibagi menjadi 5 yakni ; Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib dan Isya.

Membaca Shalawat

Salah satu ucapan terima kasih kepada Rasulullah SAW atas desikasinya menjadi penyambung antara Tuhan dengan hamba-Nya itu adalah dengan menjadikannya sebagai suri tauladan atau contoh yang baik. Segala sunnahnya dijalankan untuk kebaikan dunia dan akhirat.

Dan cara lainnya yang bisa diamalkan adalah dengan membacakan shalawat. Sebab, shalawat yang ditujukan kepada Nabi Muhammad SAW insya Allah sampai. Tidak hanya sampai kepada Rasulullah, bahkan Allah SWT juga akan menyampaikan salam kepada para pelantun shalawat tersebut.

عَنْ عَبْدِاللهِ بْنِ عَمْرٍو بْنِ الْعَاصِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا اَنَّهُ سَمِعَ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَقُوْلُ مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلاَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ بِهَا عَشْرًا رواه مسلم.

“Barang siapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali.” (HR Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Nasa’i).

Lantas apa saja keuntungan membaca shalawat, berikut adalah 10 manfaatnya ;

1. Mendapat shalawat dari Allah, yakni Allah akan selalu mencurahkan rahmat dan kasih sayang-Nya kepada kita.

2. Mendapat syafaat Nabi Muhammad Saw di akhirat kelak.

3. Dengan membaca shalawat, kita sudah mengikuti jejak para malaikat abror, kita berada dalam barisan para malaikat kebajikan. Sebab para malaikat abror selalu bershalawat kepada Nabi Muhammad Saw.

4. Menjadi pembeda antara kita dengan orang munafik dan kafir.

5. Shalawat akan menghapus kesalahan dan dosa-dosa kita.

6. Dikabulkan hajat dan kebutuhan-kebutuhan kita.

7. Shalawat dapat memberi pencerahan aspek lahir dan batin kita.

8. Shalawat akan menyelamatkan kita dari azab api neraka.

9. Shalawat akan mengantarkan kita masuk kedalam surga, rumah keabadian.

10. Di akhirat kelak, kita akan mendapatkan ucapan selamat dari Allah Yang Maha Agung lagi Maha Perkasa.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Viral Tren ‘Gak Bisa Yura’ Bikin Netizen Dapat Momen Curcol

Baru-baru ini, bagian reff dari lagu "Risalah Hati" sering digunakan sebagai latar musik video TikTok untuk tren "gak bisa Yura".

Susunan Skuad Arsenal vs Manchester United di Laga Praseason

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pertandingan sengit antara Arsenal vs Manchester...

Dompet Dhuafa Sukses Tebar Hewan Kurban 1444 H, Sasar 1,7 Juta Lebih Penerima Manfaat

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Ketua Panitia Tebar Hewan Kurban...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru