HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambangi kantor Badan SAR Nasional (Basarnas) untuk memastikan kondisi kesehatan tim Indonesia Search and Rescue (INASAR) yang tengah menjalankan misi kemanusiaan di Turki.

Melalui sambungan telepon video alias video call, Jokowi memastikan para tim yang tengah membantu para korban gempa Turki dalam keadaan sehat.

“Saya berbicara melalui video call dari Basarnas dengan tim Indonesia Search and Rescue (INASAR) yang tengah menjalankan misi kemanusiaan membantu korban gempa di Turki, siang ini,” kata Jokowi sebagaimana dikutip Holopis.com dari cuitan di akun Twitter pribadinya @jokowi, Kamis (16/2).

“Alhamdulillah, tim INASAR dengan 48 personel dan 2 anjing pelacak di Turki dalam keadaan sehat,” sambungnya.

Jokowi mendapat kabar, bahwa tim INASAR yang bertugas telah berhasil mendirikan telah mengevakuasi sejumlah korban bencana gempa yang meluluhlantakkan sebagian wilayah Turki dan Suriah awal Februari lalu.

“Mereka mendirikan basis operasi dan melaksanakan operasi pencarian dan pertolongan di 7 wilayah, dan telah mengevakuasi sejumlah korban,” tuturnya.

Jokowi juga menyampaikan sejumlah kendala yang ditemui tim INASAR di Turki, salah satunya adalah tingkat suhu udara yang tergolong cukup tinggi.

“Suhu udara di Turki sedang dingin-dinginnya. Akibat bencana gempa bumi ini, korban meninggal dunia Turki telah melampaui 30.000 jiwa,” pungkas Jokowi.