HOLOPIS.COM, JAKARTA – Istilah Childfree saat ini menjadi sering diperbincangkan setelah influencer Gita Savtiri beranggapan tak memiliki anak adalah obat alami awet muda.

Tak mempermasalahkan keputusannya untuk childfree, namun netizen geram dengan Gita Savitri yang seolah mempromosikan childfree hingga mengatakan bahwa seseorang yang tak memiliki anak akan tampil awet muda dan masih punya banyak uang saat ia memutuskan untuk botoks.

Ternyata sebelum Gita Savitri, beberapa nama figur publik ini juga memilih untuk childfree, namun dengan alasan yang berbeda-beda pula.

Cinta Laura

Cinta Laura
Cinta Laura [Foto: Ist]
Cinta Laura adalah salah satu artis Indonesia yang memilih untuk tidak memiliki momongan. Namun memiliki alasan yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan awet muda, Cinta Laura mengaku memilih childfree karena ingin mengadopsi anak-anak yang kurang beruntung.

“Sudah terlalu banyak manusia yang tinggal di dunia ini. Tapi aku mau mengadopsi anka yang mungkin tidak punya siapa-siapa yang bisa menjaga mereka,” kata Cinta Laura saat menjadi tamu di kanal Youtbe The Hermansyah A6.

Rina Nose

Rina Nose
Rina Nose [Foto: Instagram/@rinanose16]
Berbeda pula dengan alasan Cinta Laura, Rina mengatakan bahwa memiliki anak bisa menimbulkan berbagai masalah. Memiliki anak menurutnya, bukan hanya sekedar melihat bayi yang gemas dan lucu.

“Netizen bilang ayo dong punya anak, pasti cantik dan lucu. Masalahnya, punya anak bukan buat lucu-lucuan. Lucunya sementara paling beberapa tahun, habis itu problem muncul,” kata Rina dalam pernyataannya, yang dikutip kembali oleh Holopis.com.

Meskipun sudah menikah dengan Josscy Vallaza Aartsen. Rina memilih untuk tidak memiliki anak dengan suaminya, dan sudah merasa bahagia meskipun belum memiliki momongan.

“Tanpa anak pun kami sudah happy,” kata Rina Nose dalam pernyataannya di Youtube.

Anya Dwinov

Anya Dwinov
Anya Dwinov [Foto: Ist]
Anya mengaku tidak ada urgensi untuk membawa anaknya sebagai menambah populasi di dunia. Apalagi misalnya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti anak yang tidak sempurna. Anya mengaku belum siap jika dimintai pertanggungjawaban atas menjaga seorang anak.

“Tidak ada alasan, kenapa gue harus menambah dunia ini dengan anak gue,” kata Anya.

“Tuhan memberikan gue cobaan diberi anak tidak sempurna, terus pertanggungjawaban gue bagaimana?” lanjutnya.

Leony Vita

Leony Vitria
Leony Vitria [Foto: Instagram/@leonyvh]
Penyanyi cilik yang dikenal dari Trio Kwek-Kwek, Leony Vita tampaknya sudah sangat mantap dengan keputusannya yang tidak ingin memiliki momongan.

Bahkan, ia sudah memberikan informasi kepada orang tuanya untuk tidak mengharapkan cucu dari dirinya.

“Dari usia 26 atau 27, aku sudah kasih statement ke orang tua, jangan mengharapkan cucu dari saya. Soalnya, aku nggak mau punya anak,” kata Leony, dikutip Holopis.com.

Untuk menggantikan posisi cucu tersebut, Leony pun memberikan kedua orang tuanya 3 ekor anjing, yang dimaksudkan sebagai pengganti cucu mereka.

“Aku kasih mereka anjing tiga ekor untuk jadi cucu mereka,” pungkasnya.