PeristiwaHari Persatuan Farmasi Indonesia : Faktor Penting di Masa Penjajahan Indonesia

Hari Persatuan Farmasi Indonesia : Faktor Penting di Masa Penjajahan Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Persatuan Farmasi Indonesia selalu diperingati di tanggal 13 Februari setiap tahunnya. Dimana hari bersejarah itu dimulai sejak awal kemerdekaan yang lalu.

Sejarah Hari Persatuan Farmasi Indonesia pun diketahui berawal pada tanggal 13 Februari 1946, sebuah organisasi untuk menyatukan asisten apoteker Indonesia pun didirikan.

Organisasi itu menghimpun seluruh tenaga kerja yang berprofesi di bidang farmasi, saat ini disebut dengan Tenaga Teknis Kefarmasian (TTK).

Pada tanggal itu, ahli farmasi dari seluruh Indonesia berkumpul di kota Yogyakarta untuk mendirikan Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI).

PAFI terbentuk 6 bulan setelah Indonesia merdeka di Hotel Merdeka Yogyakarta, lalu diangkatlah ketua PAFI pertama, Zainal Abidin.

PAFI adalah organisasi farmasi tertua di Indonesia, bahkan Profesi Asisten Apoteker lebih dahulu muncul bidandingkan dengan profesi apoteker.

Hal itu dikarenakan, pada masa pemerintahan colonial Belanda, hanya pendidikan Asisten Apoteker yang bisa didapatkan, bahkan harus dididik langsung di Belanda.

Para pekerja farmasi dikatakan termasuk yang memiliki jasa besar selama penjajahan di Indonesia. Tak hanya membantu kesehatan militer, ahli farmasi juga banyak bergerak di bidang kesehatan sekaligus kesejahteraan masyarakat.

BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

TERPOPULER