Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Hari Persatuan Farmasi Indonesia : Faktor Penting di Masa Penjajahan Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Persatuan Farmasi Indonesia selalu diperingati di tanggal 13 Februari setiap tahunnya. Dimana hari bersejarah itu dimulai sejak awal kemerdekaan yang lalu.

Sejarah Hari Persatuan Farmasi Indonesia pun diketahui berawal pada tanggal 13 Februari 1946, sebuah organisasi untuk menyatukan asisten apoteker Indonesia pun didirikan.

Organisasi itu menghimpun seluruh tenaga kerja yang berprofesi di bidang farmasi, saat ini disebut dengan Tenaga Teknis Kefarmasian (TTK).

Pada tanggal itu, ahli farmasi dari seluruh Indonesia berkumpul di kota Yogyakarta untuk mendirikan Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI).

PAFI terbentuk 6 bulan setelah Indonesia merdeka di Hotel Merdeka Yogyakarta, lalu diangkatlah ketua PAFI pertama, Zainal Abidin.

PAFI adalah organisasi farmasi tertua di Indonesia, bahkan Profesi Asisten Apoteker lebih dahulu muncul bidandingkan dengan profesi apoteker.

Hal itu dikarenakan, pada masa pemerintahan colonial Belanda, hanya pendidikan Asisten Apoteker yang bisa didapatkan, bahkan harus dididik langsung di Belanda.

Para pekerja farmasi dikatakan termasuk yang memiliki jasa besar selama penjajahan di Indonesia. Tak hanya membantu kesehatan militer, ahli farmasi juga banyak bergerak di bidang kesehatan sekaligus kesejahteraan masyarakat.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kebakaran Landa Sukabumi Selatan Kebon Jeruk, Ratusan Petugas Damkar Dikerahkan

Terjadi kebakaran di Jalan Arsirad RT 09/RW 03, Kelurahan Sukabumi Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Ratusan petugas pemadam kebakaran (damkar) pun dikerahkan ke lokasi kejadian.

Hari Kebebasan Sedunia : Momentum Runtuhnya Komunisme di Eropa Timur

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Hari Kebebasan Dunia yang selalu diperingati...

Kebakaran Hebat di Dekat Rusun RPTRA Albo Lestari Cakung, 120 Personel Damkar Dikerahkan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kebakaran hebat kembali terjadi di kawasan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru