HOLOPIS.COM, PONTIANAK – Buat sobat holopis yang sedang berada di Pontianak, tentu tidak akan lengkap jika ke Pontianak tanpa mencicipi kulinernya yang lezat.

Kuliner tradisional Pontianak yang beragam dengan pengaruh budaya lokal menjadikan makanan tradisional Pontianak ini cukup populer dikalangan para wisatawan.

Berikut rekomendasi makanan khas pontianak yang wajib dicoba!

1. Chai Kwe 

Makanan Khas Pontianak, Chai Kwe.
Makanan Khas Pontianak, Chai Kwe.

Chai kwe adalah makanan khas Pontianak yang merupakan hasil akulturasi dengan budaya Tionghoa. Makanan ini terbuat dari terbuat dari tumisan sayur seperti keladi, kucai, bengkoang, hingga rebung yang dibungkus menggunakan kulit yang terbuat dari campuran tepung beras dan tepung tapioka.

Wajib dicoba ya kalau lagi di Pontianak!

2. Kiam ko Kwe

Kuliner Khas Pontianak, Kiam ko Kwe.
Kuliner Khas Pontianak, Kiam ko Kwe.

Seperti Chai kwe, Kiam ko kwe juga makanan khas pontianak yang berasal dari budaya Tionghoa.

Kiam ko kwe Dibuat dari bahan dasar tepung beras, makanan khas dari Pontianak ini disajikan dengan taburan daging ayam cincang yang memiliki cita rasa gurih.

Dapat menjadi salah satu kuliner yang bisa dicoba juga ya!

3. Pasung atau Sambas

Kue tradisional khas Pontianak, Pasung atau Sambas.
Kue tradisional khas Pontianak, Pasung atau Sambas.

Pasung atau dikenal juga dengan nama Sambas. Kue tradisional khas Pontianak ini dibungkus menggunakan daun pisang mengerucut yang khas.

Makanan khas Pontianak ini memiliki dua varian rasa, manis dan gurih.

Bisa jadi pilihan juga, lho. Karena Uniknya makanan asal Pontianak ini biasanya hanya dibuat pada hari ke-27 bulan Ramadan saja!

4. Kue Bingke

Oleh-oleh khas Pontianak, Kue Bingke.
Oleh-oleh khas Pontianak, Kue Bingke.

Kue Bingke adalah makana khas Pontianak yang sering dijadikan oleh-oleh. Dengan tekstur lembut dan cita rasa manis, kini kue ini dikembangkan menjadi berbagai varian rasa mulai dari kacang ijo, duran, cokelat, keju, susu, dan berbagai rasa lainnya.

5. Sotong Pangkong

Sotong Pangkong makanan Khas Pontianak.
Sotong Pangkong makanan Khas Pontianak.

Sotong Pengkong sendiri memiliki cara pembuatan yang sangat sederhana. Cukup pukul-pukul Sotong Kering hingga dagingnya menjadi emping dan sirami dengan kuah sambal kacang khas Pontianak.

Meskipun sederhana, makanan tradisional khas Pontianak ini memiliki cita rasa unik yang tak ada salahnya dicicipi saat mengunjung pontianak ya!