Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Miris, Harta Korban Gempa Turki Jadi Sasaran Penjarahan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Situasi di Turki semakin kacau balau usai diguncang gempa berkekuatan 7,8 skala Richter pada awal pekan lalu.

Selain korban tewas yang terus bertambah setiap detiknya, harta para korban pun turut menjadi sasaran penjarahan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Berdasarkan laporan petugas keamanan setempat, setidaknya terdapat ratusan orang yang telah ditangkap karena diduga menjadi pelaku penjarahan, perampokan maupun penipuan korban gempa.

Ratusan orang tersebut diduga menjarah bangunan yang rusak, merampok, hingga menipu para korban gempa dahsyat yang menewaskan puluhan ribu orang tersebut.

Berdasarkan laporan seorang petugas keamanan yang enggan disebutkan namanya, pihaknya telah menetapkan setidaknya 42 orang di Provinsi Hatay selatan Turki, sebagai tersangka atas kasus penjarahan bangunan yang rusak.

Selain itu, petugas keamanan Turki juga menyita enam senjata, tiga senapan, perhiasan, kartu bank, $11.000 dan uang tunai 70.000 lira Turki.

Dua orang lainnya juga ditangkap setelah menyamar sebagai pekerja bantuan dan diduga berusaha menjarah enam truk berisi makanan untuk korban gempa di Provinsi Hatay.

Enam orang juga ditangkap di Istanbul karena diduga menipu para korban gempa di Gaziantep selatan melalui sambungan telepon.

Di tempat lain di negara tersebut, puluhan tersangka lainnya juga ditangkap karena diduga melakukan penjarahan dan perampokan di daerah yang dilanda gempa.

Para tersangka telah ditangkap di delapan provinsi termasuk Kahramanmaras, Hatay, Adiyaman, Malatya, Osmaniye, Adana, Gaziantep, dan Sanliurfa, tambahnya.

Hingga kini, Minggu (12/2) waktu setempat, korban tewas akibat gempa Turki mencapai 29.117 orang. Jumlah korban tewas pun diprediksi akan terus bertambah.

Kepala Koordinator Kemanusiaan PBB, Martin Griffiths bahkan memperkirakan korban gempa yang melanda wilayah Turki dan Suriah itu bisa mencapai 50 ribu jiwa.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Tema Hari Perdamaian Internasional 2024 : Membangun Budaya Damai

Hari Perdamaian Internasional yang diperingati setiap tanggal 21 September setiap tahunnya menjadi momen refleksi bagi seluruh umat manusia untuk mengupayakan perdamaian dunia.

Donald Trump Akan Salahkan Rakyat Yahudi Jika Ia Kalah Pilpres AS 2024

Mantan Presiden Amerika Serikat yang juga sekaligus kandidat Presiden dari Partai Republik Donald Trump mengatakan bahwa pemilih Yahudi – Ameirka Serikat akan ikut disalahkan jika ia tidak berhasil memenangkan pemilu 5 November mendatang.

China Kembali Dihantam Topan, Ratusan Ribu Orang Dievakuasi

Jalanan di lingkungan kota Shanghai China kembali dihadapi topan kedua dalam seminggu. Curah hujan yang terjadi di negara tirai bambu tersebut telah memecahkan rekor lokal di beberapa bagian kota.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru