Setelah semua titik lemah Hive Mind dihancurkan, ia akan bersembunyi untuk sementara dan mengirim beberapa Necromorph yang lebih kecil untuk melawan pemain. Bunuh mereka semua dengan cepat dan coba luangkan waktu untuk membuka beberapa peti di medan perang, karena ini adalah waktu terbaik untuk melakukannya.

Setelah semua Necromorph hilang, Hive Mind akan kembali, dan lima titik lemah baru akan muncul. Namun, ini akan jauh lebih rumit untuk dipukul daripada yang pertama kali, karena ini semua tersembunyi di dalam Hive Mind selama sebagian besar pertarungan.

Tunggu pembukaan dan kemudian hancurkan yang pertama dari titik lemah baru. The Hive Mind kemudian akan mengungkapkan serangan baru di gudang senjatanya yang memuntahkan sebaris asam beracun.

Sementara semprotan asam itu sendiri harus cukup mudah untuk dihindari, itu akan tetap menjadi bahaya di medan perang yang tidak dapat dilalui pemain, sangat membatasi jumlah ruang di mana pemain dapat berjalan-jalan. Hive Mind akan kembali membanting tentakelnya sekali lagi dan pemain sekarang harus menghindarinya sambil juga menghindari asam di lantai.

Saat titik lemah dihancurkan, Hive Mind akan mulai menembakkan beberapa semprotan asam berturut-turut yang harus dihindari pemain, sebelum menyelesaikannya dengan yang terakhir yang tetap berbahaya.

Setelah kelima titik lemah dihancurkan, Hive Mind akan mengangkat Isaac dan menahannya terbalik. Ini adalah tanda bahwa pertarungan hampir selesai. Saat menahan pemain di udara, satu titik lemah terakhir akan muncul di kepala makhluk itu. Tembak ini sampai meledak, dan Hive Mind akan mati. Dari sana, yang tersisa hanyalah berjalan ke antar-jemput terdekat, dan pemain akan mengalahkan Dead Space Remake.