HOLOPIS.COM, PAPUA – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua diduga melakukan upaya provokasi dengan menyebarkan foto seorang warga negara asing memegang bendera kejora.

Foto tersebut kemudian dinarasikan dengan pernyataan bahwa pria asing itu adalah Pilot Susi Air yaitu Philip Mark Mehrtens berkebangsaan Selandia Baru yang sampai saat ini masih dalam proses pencarian.

Pangdam XVII Cenderawasih, Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa menegaskan, isu hoax tersebut sengaja disebarkan oleh KKB kelompok Egianus Kogoya.

“Berita yang tersebar di media sosial itu disebar KSB sejak Selasa (7/2),” kata Saleh dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Sabtu (11/2).

Saleh pun mengungkapkan, foto dan berita tersebut pernah muncul setahun yang lalu tepatnya 24 Februari 2022 silam. Saat ini menurut Saleh, proses pencarian masih terus dilakukan oleh aparat gabungan.

“Proses pencarian terhadap pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens asal Selandia Baru terus dilakukan aparat keamanan dari penyanderaan gerombolan KST di wilayah Kabupaten Nduga,” tuturnya.

Saleh pun meyakini, Mark masih bersama kelompok KSB pimpinan Egianus Kogoya.