Senin, 23 September 2024
Senin, 23 September 2024
NewsEkobizWarga RI Sudah Gemar Belanja Produk Lokal? Luhut Kasih Bukti

Warga RI Sudah Gemar Belanja Produk Lokal? Luhut Kasih Bukti

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kualitas produk-produk dalam negeri alias produk lokal sudah menunjukkan adanya peningkatan. Seiring dengan hal tersebut, minat masyarakat terhadap produk lokal pun ikut meningkat.

Hal itu sebagaimana dikatakan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan. DIa mengatakan, bahwa masyarakat saat ini lebih gemar berbelanja barang-barang lokal ketimbang barang luar negeri.

Menurutnya, hal tersebut tentu akan membantu Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang selama ini berkontribusi besar terhadap perekonomian nasional.

“Jadi yang menarik bapak ibu sekalian ternyata sekarang rakyat kita lebih memilih (belanja) produk lokal daripada impor, ini akan membangun kebersamaan kita,” kata Luhut dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Jumat (10/2).

Pernyataan itu diungkapkan Luhut berdasarkan data survei lembaga Nielsen yang mengungkapkan, bahwa 80 persen konsumen belanja online menganggap asal produk yang mau dibelinya sangat penting dan cenderung untuk membeli produk lokal daripada impor.

Tak hanya itu, program Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang dimotori oleh pemerintah pun sudah banyak diketahui oleh konsumen belanja online. Dia mengatakan, setidaknya sebanyak 67 persen konsumen sudah tahu dan mengenali Gernas BBI.

Khusus untuk Gernas BBI, Luhut memaparkan sampai Desember 2022 sudah ada 21,4 juta unit UMKM yang masuk ke ekosistem digital di bawah Gernas BBI. Targetnya, 30 juta UMKM akan masuk ke ekosistem digital di tahun 2024.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Wamentan Optimis Indonesia Mampu Susul Tiongkok Wujudkan Swasembada Pangan

Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Sudaryono optimis, Indonesia bisa mewujudkan swasembada pangan seperti yang dilakukan oleh Tiongkok, yang saat ini memiliki jumlah populasi penduduk mencapai 1 miliar jiwa.

IHSG Sepekan Bikin Mewek, Kapitalisasi Anjlok 2,58 Persen

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada sepekan terakhir nampaknya tidak lagi bergairah seperti pada pekan-pekan sebelumnya.

Harga Emas di Pegadaian Hari Minggu Terkerek Naik

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau mengalami kenaikan tipis pada perdagangan akhir pekan ini, Minggu 22 September 2024.

Jangan Lupa! Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Resmi Naik Hari Ini

Kenaikan tarif tol pada ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta telah resmi diberlakukan mulai hari ini, Minggu 22 September 2024, sejak pukul 00.00 WIB dini hari tadi.