Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Hari Persatuan Wartawan Indonesia, Sejarah dan Visinya Kini

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Peringatan Hari Pers Nasional yang diperingati setiap tanggal 9 Februari tak lepas dari sejarah berdirinya Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Dikutip dari laman resmi PWI oleh Holopis.com, Kamis (9/2), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) adalah organisasi wartawan pertama di Indonesia. PWI sendiri berdiri pada 9 Februari 1946 di Surakarta.

Sejarah Lahirnya PWI

Bila menelurusi sejarah, pembentukan PWI sudah ada sebelum tanggal 9 Februari 1946 itu sendiri, sebab wartawan Indonesia adalah salah satu pejuang dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Tercatat sebagai patriot bangsa bersama para perintis pergerakan di berbagai pelosok tanah air yang berjuang untuk menghapus penjajahan.

Pembentukan PWI secara resmi dilakukan di balai pertemuan “Sono Suko” di Surakarta pada tanggal 9-10 Februari 1946, wartawan dari seluruh Indonesia berkumpul dan bertemu. Yang datang beragam wartawan, yaitu tokoh-tokoh pers yang sedang memimpin surat kabar, majalah, wartawan pejuang dan pejuang wartawan.

Pertemuan besar yang pertama itu memutuskan:

  • Disetujui membentuk organisasi wartawan Indonesia dengan nama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), diketuai Mr. Sumanang Surjowinoto dengan sekretaris Sudarjo Tjokrosisworo.
  • Disetujui membentuk sebuah komisi yang beranggotakan:
  1. Sjamsuddin Sutan Makmur (harian Rakjat, Jakarta),
  2. B.M. Diah (Merdeka, Jakarta),
  3. Abdul Rachmat Nasution (kantor berita Antara, Jakarta),
  4. Ronggodanukusumo (Suara Rakjat, Modjokerto),
  5. Mohammad Kurdie (Suara Merdeka, Tasikmalaya),
  6. Bambang Suprapto (Penghela Rakjat, Magelang),
  7. Sudjono (Berdjuang, Malang), dan
  8. Suprijo Djojosupadmo (Kedaulatan Rakjat,Yogyakarta).

PWI dilahirkan dengan harapan terhadap wartawan Indonesia agar menjadi tangguh untuk tampil sebagai ujung tombak perjuangan Indonesia dalam menentang kembalinya kolonialisme dan negara lain yang ingin meruntuhkan RI kala itu.

Visi dan Misi PWI Saat Ini

LOGO PWI
LOGO PWI. [Foto: PWI]

PWI sendiri mempunyai keanggotaan yang berasal dari seluruh Indonesia dengan visi dan misi sebagai berikut:

  • VISI : Menjadikan PWI organisasi profesional dan bermartabat di era transformasi lanskap media dengan spirit kebangsaan, kebebasan, dan kreativitas digital.
  • MISI : Menjadikan PWI organisasi profesional dan bermartabat di era transformasi lanskap media dengan spirit kebangsaan, kebebasan, dan kreativitas digital.
Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Dompet Dhuafa dan Titimangsa Gelar Teater Musikal untuk Palestina Bertajuk Tanah Yang Terpenjara

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Gencar menyuarakan kemanusiaan bagi Palestina, Dompet...

Menhub Terima Penghargaan Tokoh Inspiratif Transportasi Inklusif Terintegrasi DTKJ Awards 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menerima...

6 Juta Data DJP Bocor, Begini Respon Sri Mulyani

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati akhirnya angkat bicara terkait adanya kabar kebocoran 6 juta data milik DIrektorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Pasalnya dalam 6 juta data yang bocor itu, terdapat data dirinya dan Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru