HOLOPIS.COM, JAKARTA – Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono memastikan bahwa aparat gabungan telah berhasil menemukan keberadaan pilot pesawat Susi Air yang sempat menghilang usai pesawatnya dibakar oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua.

Yudo pun menyatakan, setelah petugas berhasil mengevakuasi 15 orang pekerja puskemas di Paro, saat ini konsentrasi pencarian dilakukan terhadap Captain Philips.

“Belum dievakuasi, tapi sudah terdeteksi. Makanya dengan tadi sudah kita evakuasi 15. Prioritasnya sekarang ini untuk mencari pilotnya,” kata Yudo dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Rabu (8/2).

Yudo pun bersikeras bahwa pilot tersebut tidak disandera oleh kelompok KKB. Padahal, sebelumnya anak buahnya di Papua pun mengakui bahwa pilot tersebut diduga disandera oleh KKB pimpinan Kagoya.

“Dia kan diancam, akhirnya diselamatkanlah oleh mungkin salah satu masyarakat di situ,” tuturnya.

Sementara itu, Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri mengatakan, dari perkiraan sementara pilot berkewarganegaraa Selandia Baru tersebut tidak jauh dari Paro.

“Nah pilot itu sementara memang masih tidak jauh dari Paro. Kita, saya, Bapak Pangdam, telah berkoordinasi aktif dengan pemerintah daerah dan tokoh gereja dari Kingmi,” kata Mathius.

Mathius menambahkan, pihaknya berkoordinasi juga dengan kelompok masyarakat yang terbilang dekat dengan KKB untuk bisa membantu melepaskan pilot tersebut.

“Kami minta juga ada bantuan dari masyarakat setempat yang dekat dengan kelompok KKB ini untuk berkomunikasi supaya pilot yang selama ini melayani di paro itu kasihan masyarakat di Paro, ini bisa segera dikembalikan,” pungkasnya.