Jumat, 27 September 2024
Jumat, 27 September 2024
NewsEkobizKemenkeu Mau Sulap PT SMI Jadi Bank Dunia Bagi Pemda

Kemenkeu Mau Sulap PT SMI Jadi Bank Dunia Bagi Pemda

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) berencana membuat semacam ‘World Bank’ atau Bank Dunia bagi pemerintah daerah (pemda).

Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan, Luky Alfirman menjelaskan, bahwa bank dunia yang dimaksud merupakan transformasi dari PT Sarana Multi Infrastruktur (PT SMI).

“Saat ini ingin menjadikan PT SMI semacam ‘World Bank’-nya daerah, dengan kliennya itu daerah, pemda,” kata Luky dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Rabu (8/2).

Dengan adanya transformasi itu, kata Luky, PT SMI yang merupakan BUMN pembiayaan infrastruktur juga dapat memberikan pembiayaan bagi pemda. Sehingga, pemda tidak lagi bergantung hanya pada anggaran dari pemerintah pusat.

“Intinya harusnya sekarang daerah sudah mulai punya opsi, bukan hanya tergantung dari pemda,” kata Luky.

Sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (HKPD), pemerintah didorong untuk menciptakan banyak alternatif dalam hal pembiayaan untuk membangun daerahnya.

Spirit dari UU HKPD salah satunya adalah bagaimana pemda bisa eksplor alternatif pembiayaan bukan hanya terkait TKD, tapi kita juga buka karena pembiayaan mulai dari pinjaman, obligasi, sukuk, dan seterusnya. Itu yang kita dorong terus,” tuturnya.

Namun Luky menegaskan, pembiayaan itu tidak bersifat memaksa. Keputusan pengambilan pinjaman itu merupakan kewenangan pemda. Pihaknya hanya menyediakan fasilitas apabila pemda membutuhkan pembiayaan untuk pembangunan di daerahnya.

“Memang bagaimanapun juga ini tergantung dari inisiatif daerah tersebut. Kita tidak bisa memaksakan daerah X harus ngambil obligasi, tapi kita ingin memfasilitasi memudahkan membantu mereka mencari alternatif pembiayaan termasuk pinjaman PT SMI,” kata Luky.

Google News

Temukan kamu di Google News dan jangan lupa klik ikon bintang untuk mengetahui semua berita terbaru dari kami.

WhatsApp Channel

Follow WhatsApp Channel Holopis.com untuk mendapatkan 10 berita terbaru setiap hari dari tim Redaksi.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Harga Emas Antam Hari ini Stagnan Lagi, Per Gram Dibanderol Segini

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Jumat 27 September 2024.

Harga Emas di Pegadaian Turun Tipis Hari ini, Cek Rinciannya

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau mengalami penurunan tipis pada perdagangan hari ini, Jumat 27 September 2024.

Didiek Hartantyo Klaim Pertumbuhan Aset PT KAI Naik 53%

HOLOPIS.COM, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengklaim...

Nilai Wakaf di Indonesia Tembus Rp 2.050 Triliun Rerata Aset Non Produktif

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Aset wakaf di Indonesia saat ini...