HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Jokowi memastikan bahwa mereka akan segera mengirimkan bantuan untuk korban gempa 7,8 magnitudo yang terjadi di Turki.

Jokowi mengungkapkan, bantuan tersebut tengah disiapkan oleh sejumlah Kementerian untuk kemudian segera disiapkan dan dikirimkan ke lokasi bencana.

“Ini sedang disiapkan bantuannya oleh Menteri Luar Negeri, Kemenhan, dan juga oleh Kementerian Sosial,” kata Jokowi dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Selasa (7/2).

Tanpa menjelaskan detail bantuan tersebut, Jokowi mengatakan bahwa saat ini pihaknya masih menunggu pesawat untuk segera mengirimkan bantuan.

“Sedang disiapkan dan segera akan dikirim secepatnya, ini tadi pagi masih mencari pesawat,” tukasnya.

Korban tewas akibat gempa di Turki diketahui telah meningkat menjadi 3.381 jiwa, dengan 15.834 terluka,.

KBRI Ankara menjelaskan bahwa wilayah utama yang terdampak gempa bumi di Turki meliputi 12 daerah, yaitu Adana, Adıyaman, Kahramanmaraş, Gaziantep, Diyarbakır, Hatay, Kilis, Şanliurfa, Malatya, Osmaniye, Elazig, Elbistan.

Setidaknya ada sekitar 6500 WNI yang terdata tinggal di seluruh Turki. Dari jumlah tersebut, sekitar 500 orang bertempat tinggal di area gempa dan sekitarnya.

Sebagian besar WNI berstatus pelajar dan mahasiswa, sedangkan sebagian lainnya adalah WNI yang menikah dengan warga setempat, serta pekerja di organisasi internasional.