HOLOPIS.COM, PAPUA – 15 orang pekerja puskesmas dan 5 penumpang pesawat Susi Air yang sempat disekap oleh KKB Papua akhirnya berhasil dievakuasi oleh aparat TNI Polri.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ignatius Benny Prabowo mengatakan, ke 15 pekerja itu sebelumnya dicurigai pihak KKB sebagai anggota intelijen pemerintah. Namun, mereka pun kemudian dilepaskan dan diberikan pesan khusus oleh KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya.

“Mereka dikumpulkan di awal. Namun setelah itu mereka tidak lagi disandera, tapi mereka sudah disuruh pergi keluar dari wilayah Distrik Paro. Mereka disuruh meninggalkan wilayah Distrik Paro karena tidak mau ada pembangunan di Distrik Paro,” kata Benny dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Rabu (8/2).

Para pekerja itu pun berusaha melarikan diri ke gunung hingga kemudian bersembunyi di salah seorang rumah pendeta. “Namun mereka tidak bisa berjalan kaki menembus hutan, jadi mereka sementara diamankan di rumah pendeta,” imbuhnya.

Benny mengatakan sejumlah pekerja sudah dibawa ke Distrik Kenyam atau ibu kota Kabupaten Nduga, sedang sejumlah pekerja lainnya masih berada di rumah milik pendeta.