HOLOPIS.COM, JAKARTA – Cepatnya popularitas ChatGPT mulai membuat Google bergerak, untuk membuat sebuah chatbot berbasis kecerdasan buatan (AI). Langkah yang dilakukan Google, yakni membuat sebuah proyek bernama Bard dan akan tersedia untuk publik dalam beberapa minggu ke depan.

Dikutip Holopis.com dari The Guardian, Selasa (7/2), CEO Google dan Alphabet, Sundar Pichai mengatakan Bard sebagai layanan percakapan AI eksperimental yang akan menjawab pertanyaan dan mengambil bagian dalam percakapan. Layanan ini akan tersedia untuk tester terpilih sebelum diluncurkan secara publik.

“Bard berupaya menggabungkan luasnya pengetahuan dunia dengan kekuatan, kecerdasan, dan kreativitas dari large language models kami. (Alat) ini mengambil informasi dari web untuk menyediakan respons segar dan berkualitas tinggi,” katanya.

Pichai menjelaskan, Brad akan ditenagai dengan large language models (LLM). Lalu, chatbot ini juga pakai LaMDA (Language Model for Dialogue Applications) versi lebih ringan yang membutuhkan lebih sedikit daya komputasi jadi bisa digunakan oleh banyak orang.

Ia juga memberikan contoh interaksi dengan Bard, seperti menjawab pertanyaan tentang bagaimana cara menjelaskan penemuan terbaru teleskop James Webb kepada anak sembilan tahun, atau mencari tahu siapa striker sepakbola terbaik saat ini.

Pichai juga mengatakan teknologi AI terbaru dari Google, seperti LaMDA, PaLM, image generator Imagen, dan kreator musik MusicLM akan dibawa ke mesin pencarinya. Dukungan AI untuk mesin pencari ini akan bisa merangkum informasi yang kompleks dan beberapa sudut pandang dalam format yang lebih mudah dipahami.

Pengumuman Google ini datang di saat Microsoft sedang bersiap meluncurkan deretan produk baru menggunakan otak di balik ChatGPT. Microsoft sendiri sudah mengucurkan miliaran dolar untuk OpenAI, perusahaan di balik ChatGPT dan DALL-E.

Screenshot yang beredar juga menunjukkan bagaimana Microsoft mengintegrasikan ChatGPT di mesin pencari Bing. CEO Microsoft Satya Nadella mengatakan akan mengumumkan lebih banyak detail lagi.