HOLOPIS.COM, CIANJUR – Bencana longsor terjadi di sebuah lokasi penambangang pasir yang berada di Kecamatan Gekbrong, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan, kejadian yang berlangsung pada Sabtu (4/2) tersebut menyebabkan korban meninggan dunia.

“Tiga orang tertimbun longsor dan ditemukan meninggal dunia,” kata Abdul dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Selasa (7/2).

Abdul menjelaskan, ketiga korban meninggal merupakan operator alat berat yang sedang melakukan penambangan. Longsor tersebut juga menyebabkan enam alat berat terdiri dari tiga truk dan tiga excavator turut tertimbun.

Petugas gabungan pun langsung menuju lokasi kejadian untuk melakukan penanganan darurat, melakukan assesment dan mengevakuasi korban.

Abdul kemudian mengimbau kepada semua unsur di daerah untuk meningkatkan kesiapsiagaan potensi bencana hidrometeorologi basah di periode puncak musim hujan seperti banjir dan longsor.

“Perhatikan kondisi lereng saat melakukan pekerjaan galian di lokasi berizin. Gunakan selalu prosedur keamanan dan keselamatan kerja saat melaksanakan kegiatan di kawasan rawan longsor,” pungkasnya.