Sabtu, 28 September 2024
Sabtu, 28 September 2024
NewsEkobizSwasta Kuasai Mayoritas Saham Kawasan Industri KEK JIIPE di Gresik

Swasta Kuasai Mayoritas Saham Kawasan Industri KEK JIIPE di Gresik

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Direktur Utama PT. Berkah Kawasan Manyar Sejahtera, Bambang Soetiono menyampaikan perkembangan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus Industri Java Integrated dan Industrial Port Estate (KEK JIIPE), yang berlokasi di Kecamatan Manyar, Gresik, Jawa Timur.

Selaku pengelola, Bambang menyampaikan bahwa pembangunan tempat yang nantinya akan menjadi pusat ekonomi perekonomian, khususnya sektor Industri di Pulau Jawa itu merupakan hasil kolaborasi antara BUMN dan Swasta.

“Pembangunan JIIPE merupakan kerja sama antara swasta dan BUMN yang memiliki luas area 3000 ha (hektare), dan di dalamnya terdapat pelabuhan seluas 400 ha,” tutur Bambang dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Selasa (7/2).

Dia kemudian menjelaskan perihal proporsi saham di kawasan perekonomian tersebut, dimana mayoritas saham di kawasan ekonomi khusus sebagian besar, atau tepatnya sebesar 60 persen dimiliki oleh perusahaan pelat merah PT Pelindo.

“Ini mayoritas sahamnya dimiliki Pelindo 60 persen, AKR/swasta 40 persen. Sedangkan yang di kawasan industrinya 1800 ha. Pelindo 40 persen, swasta 60 persen,” kata Bambang.

Bambang menambahkan, lahan seluas 800 ha dari total kawasan ekonomi khusus itu difungsikan sebagai area perumahan.

Adapun penyediaan area perumahan tersebut bertujuan agar biaya logistik di kawasan industri tersebut dapat semakin ditekan, sehingga daya saingnya pun akan semakin kuat.

“Sehingga kapal-kapal yang datang ini langsung ke pabriknya. Di sini biaya logistiknya kita sudah kalkulasi bisa turun sampai 20 persen. Demikian juga karyawan-karyawannya bisa tinggal di sini, jadi juga mengurangi pencemaran lingkungan,” pungkasnya.

Sebagai informasi, KEK JIIPE merupakan Proyek Strategis Nasional yang dibangun pemerintah, dengan orientasi green project yang bertujuan untuk menarik minat investor di sektor industri, baik itu investor domestik maupun internasional.

Di kawasan Ekonomi Khusus Gresik ini menyediakan berbagai kelebihan, diantaranya dari sisi konektivitasnya yang superior dengan transportasi multimoda, dimana kawasan ini terhubung langsung dengan pelabuhan laut dalam,

Selain itu, fasilitas utilitasnya juga terbilang lengkap. Kemudian pelayanan perizinan satu pintu, pengurusan AMDAL terpusat pada pengelola kawasan, dan izin konstruksi cepat melalui fasilitas KLIK.

Dengan kombinasi fasilitas, lokasi yang strategis, dan status KEK akan mendorong tercapainya pertumbuhan ekonomi melalui aktivitas Foreign Direct Investment yang berorientasi pada ekspor maupun substitusi impor.

Google News

Temukan kamu di Google News dan jangan lupa klik ikon bintang untuk mengetahui semua berita terbaru dari kami.

WhatsApp Channel

Follow WhatsApp Channel Holopis.com untuk mendapatkan 10 berita terbaru setiap hari dari tim Redaksi.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Jelang Akhir Pekan, IHSG Malah Ditutup Tak Bergairah

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terpantau melemah pada penutupan perdagangan menjelang akhir pekan, Jumat 27 September 2024.

ESDM Targetkan Tambahan Kapasitas PLTB 5 GW hingga 2030

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama dengan PT PLN (Persero) tengah menyusun Rencana Umum Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) tahun 2025-2035 serta Rencana Umum Ketenagalistrikan Nasional (RUKN).

Harga Emas Antam Hari ini Stagnan Lagi, Per Gram Dibanderol Segini

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Jumat 27 September 2024.

Harga Emas di Pegadaian Turun Tipis Hari ini, Cek Rinciannya

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau mengalami penurunan tipis pada perdagangan hari ini, Jumat 27 September 2024.