HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pemerintah Indonesia memberikan bantuan berupa makanan kepada para korban gempa Turki. Sebagai tahap awal, pemerintah Indonesia akan mengirimkan makanan sebanyak satu kontainer.

“Ini bantuan dari Pemerintah Turki yang pertama sambil menunggu bantuan-bantuan lanjutan yang sedang dipersiapkan oleh Pemerintah Indonesia,” kata Duta Besar Indonesia untuk Turki, Muhammad Iqbal dalam konferensi pers yang dikutip Holopis.com, Selasa (7/3).

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Teuku Faizasyah mengatakan bahwa antusiasme masyarakat Indonesia untuk membantu para korban gempa Turki sangatlah tinggi.

Oleh karena itu, lanjut Faiz, pemerintah akan mengakomodasi inisiatif dari masyarakat tersebut.

“Banyak yang ingin membantu saudara-saudara kita di Turki,” kata Faiz.

Lebih lanjut, Faiz menyampaikan bahwa pihaknya hingga saat ini belum menerima laporan adanya warga negara Indonesia (WNI) yang meninggal akibat gempa tersebut. Meski begitu, jumlah WNI yang mengalami luka-luka bertambah menjadi 10 orang.

Adapun untuk total korban meninggal akibat gempa di Turki dan Suriah terus bertambah menjadi 4.300 orang, dan ribuan orang lainnya mengalami luka-luka.