HOLOPIS.COM, TUBAN – Satlantas Polres Tuban, Jawa Timur membuat sebuah karya seni berupa patung. Uniknya, patung berbentuk kuda tersebut bukan terbuat dari semen ataupun kayu, melainkan dari knalpot brong hasil sitaan Polantas Tuban.

Sebagaimana terlihat dalam unggahan video di akun Instagram resmi Satlantas Polres Tuban @lantaspolrestuban, Minggu (5/2), patung kuda tersebut dipajang dengan dijadikan sebuah monumen di Taman Sleko Tuban.

Dalam keterangan video, patung kuda dari knalpot brong tersebut diresmikan langsung oleh Kasatlantas Polres Tuban, AKP Arum Inambala pada Jumat (3/2).

Sebagai informasi, pembuatan patung kuda dari ratusan knalpot brong bekas sitaan tilang itu upaya Satlantas Polres Tuban untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, bahwa penggunaan knalpot brong merupakan bentuk pelanggaran,

Hal itu sebagaimana tertuang dalam Pasal 285 ayat 1 Undang-undang (UU) Nomor 22 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

“(Pembuatan patung kuda knalpot brong) sebagai sarana edukasi bahwa penggunaan knalpot brong menimbulkan suara bising yang mengganggu kenyamanan dan ketertiban masyarakat,” tulis Satlantas Polres Tuban.

https://www.instagram.com/reel/CoORTCvJJk4/?utm_source=ig_web_copy_link