HOLOPIS.COM, JAKARTA – Lembaga survei Political Weather Station (PWS) merilis data terbaru mereka mengenai elektabilitas tokoh politik untuk capres 2024 mendatang.

Peneliti Senior PWS, Sharazani MA mengatakan, elektabilitas Prabowo Subianto terbilang masih kokoh meninggalkan nama-nama lain yang masuk dalam bursa Pilpres.

“Prabowo Subianto ternyata masih tetap bercokol di posisi puncak mengalahkan para kompetitornya. Seandainya saat ini dilaksanakan Pilpres, sebanyak 31,2 persen responden mengaku akan memilih Prabowo,” kata Sharazani dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Minggu (5/2).

Di posisi kedua dan ketiga ditempati Ganjar Pranowo sebesar 20,5 persen dan Anies Baswedan hanya di angka 19,8 persen.

“Capres-capres papan tengah dan papan bawah kecuali Ridwan Kamil elektabilitasnya cenderung stagnant, bahkan beberapa diantaranya mengalami penurunan,” jelasnya.

Sharazani menjelaskan, faktor yang membuat Prabowo Subianto tetap leading atas kompetitor utamanya Ganjar dan Anies yang utama adalah karena kinerjanya sebagai Menteri Pertahanan yang tetap moncer.

“Kinerja Prabowo sebagai Menteri Pertahanan RI terus diapresiasi publik dan menempatkan Prabowo sebagai menteri terbaik selama pemerintahan Jokowi Jilid II,” jelasnya.

Selain itu, sikap kenegarawanan Prabowo semakin teruji dan paling menonjol dibandingkan capres manapun.

Dukungan yang berulangkali disampaikan Presiden Jokowi terhadap pencapresan Prabowo kemudian dinilai turut menggiring sebagian besar loyalis Jokowi untuk memilih Prabowo.

“ketidakjelasan partai pengusung Ganjar dan Anies membuat pendukung mereka semakin galau dan berpaling ke Prabowo,” pungkasnya.