HOLOPIS.COM, Medan – F1 Power Boat (F1H20) yang akan berlangsung pada 24 – 26 Februari 2023 di Danau Toba, diperkirakan akan dihadiri oleh banyak orang.

Oleh karena itu BPODT (Badan Pelaksanaan Otoritas Danau Toba), akan menjadikan rumah warga di Balige, Sumatera Utara untuk jadi homestay.

Langkah tersebut, dilakukan untuk mengantisipasi keterbatasan penginapan di sekitar lokasi acara. Direktur BPODT, Jimmy B Panjaitan mengatakan, pihaknya bersama Kemenparekraf (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) akan mengedukasi dan melatih masyarakat untuk jadikan rumahnya sebagai homestay.

“BPODT lebih mengambil peran mendukung saja promosi, kita bantu penyelenggaraan side event, mendorong home stay ini,” kata dalam konferensi pers yang dikutip Holopis.com, Minggu (5/2).

“Dengan tentu memberikan pelatihan, cukup dengan kualitas baik. Dengan ini, Danau Toba akan menjadi pusat perhatian dunia dengan pelaksanaan itu. banyak orang lebih mengetahui tentang Danau Toba,” sambungnya.

Selain itu, Jimmy mengungkapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toba akan menyiapkan lahan bagi wisatawan atau pengunjung yang akan menonton F1 Powerboat untuk berkemah. Dengan fasilitas disiapkan tempat untuk salat hingga toilet.

Hal ini, bertujuan memberikan wisatawan tidak mendapatkan penginapan bisa menyewa atau membawa tenda sendiri untuk berkemah sembari menonton F1 Power Boat.

“Disiapkan tanah lapang oleh Bupati Toba, untuk berkemah dengan fasilitas tempat shalat hingga toilet. Sedangkan, para pembalap F1 Powerboat booking hotel Labersa dan sudah penuh ini,” katanya.