Senin, 23 September 2024
Senin, 23 September 2024
NewsEkobizJokowi Siapkan Aturan Larangan Ekspor Tembaga Mentah

Jokowi Siapkan Aturan Larangan Ekspor Tembaga Mentah

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Jokowi menyatakan bahwa dirinya bakal terus melanjutkan upaya hilirisasi bahan-bahan mentah yang banyak dimiliki Indonesia.

Setelah sebelumnya ada Nikel serta Bauksit, dalam waktu dekat Jokowi menyatakan bahwa pihaknya bakal melakukan pelarangan ekspor untuk tembaga mentah.

“Ini nikel sudah setop. Saya sudah sampaikan lagi, bauksit di Desember kemarin, bauksit setop bulan Juni. Nanti sebentar lagi, mau saya umumkan lagi tembaga setop, tahun ini setop,” kata Jokowi dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Rabu (1/2).

Jokowi mengklaim, kebijakan tersebut bisa segera dilakukan karena progres pembangunan smelter di Gresik, Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat (NTB) yang sudah mencapai lebih dari 50 persen.

“Saya cek kemarin, smelternya Freeport dan smelter yang ada di NTB sudah lebih dari 50 persen jadi. Freeport itu sudah 51 persen jadi. Jadi, berani kita setop,” klaimnya.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi kemudian juga menyinggung mengenai saham kepemilikan PT Freeport Indonesia yang sudah dikuasai oleh negara Indonesia saat ini.

“Supaya ingat, Freeport itu sudah mayoritas milik kita. Jadi jangan terbayang-bayang, jangan terbayang-bayang lagi Freeport itu masih miliknya Amerika, sudah mayoritas kita miliki,” ujarnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun berjanji bahwa proses hilirisasi bakal terus berlanjut meski Indonesia selalu kalah dalam gugatan dari negara lain.

“Kalau nanti digugat, kita mundur, kita belok, enak lagi ekspor bahan mentah, lupakan kita menjadi negara maju,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Awal Pekan, Harga Emas Antam Masih Stagnan di Level Rp 1.455.000 per Gram

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan awal pekan ini, Senin 23 September 2024.

AMMAN Resmikan Smelter Tembaga Perdana Terbesar di Indonesia, Murni Milik Pengusaha Lokal

Menteri ESDM (Energi, Sumber Daya Mineral) Republik Indonesia, Bahlil Lahadalia mengatakan bahwa perusahaan PT Amman Minteral Internasional menjadi perusahaan yang berani membangun smelter hasil tambang tembaga di Indonesia.

Awal Pekan, Harga Emas di Pegadaian Kompak Mandek

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan awal pekan ini, Senin 23 September 2024.

Hati-Hati, IHSG Rawan Koreksi di Perdagangan Awal Pekan Ini

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) rawan terkoreksi pada perdagangan awal pekan ini, Senin (23/9), setelah IHSG mencatatkan kinerja buruk pada pekan lalu.