HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Membaca Sedunia atau World Read Aloud Day diperingati setiap hari Rabu pertama di bulan Februari setiap tahunnya.

Pada tahun 2023 kali ini, Hari Membaca Nyaring Sedunia itu sendiri jatuh di tanggal 1 Februari.

Hari Membaca Nyaring Sedunia merupakan hari yang didedikasikan tidak hanya untuk membaca, namun juga untuk kegiatan seni dan praktik membaca dengan suara keras.

Hari Membaca Nyaring Sedunia juga sebagai bentuk suatu ajakan membaca sekaligus mempromosikan gerakan literasi, terkhusus pada kalangan anak-anak.

Kemudian, dari arti membaca nyaring itu sendiri, seperti dikutip Holopis.com dari Kemdikbud, Rabu (1/2), merupakan salah satu upaya untuk memenuhi hak asasi manusia dalam berliterasi, dimana melalui kemampuan literasi yang baik, maka hal tersebut bisa mewujudkan manusia yang berkualitas.

Selain itu, aktivitas membaca nyaring juga dijadikan sebagai teknik bercerita yang bertujuan mewujudkan seseorang untuk saling terhubung satu sama lain.

Sejarah Hari Membaca Nyaring Sedunia

Dikutip Holopis.com dari National Today, Rabu (1/2), Hari Nyaring Sedunia atau World Read Aloud Day tersebut diinisiasi langsung oleh LitWorld.

LitWorld itu sendiri merupakan organisasi nirlaba yang bekerja di bidang pendidikan dan literasi. LitWorld memiliki misi yang berbunyi ‘Memperkuat anak-anak dan komunitas melalui kekuatan cerita’.

Pada tahun 2010, LitWorld meluncurkan Hari Nyaring Sedunia pertama untuk mempromosikan beragam suara dan narasi di seluruh dunia.

Hari Nyaring Sedunia juga sekaligus meraykan ‘kegembiraan dan kekuatan membaca dan berbagi cerita’ dan ‘memperluas definisi dan ruang lingkup literasi global’.

Kabar baiknya, kini dunia dinilai lebih terpelajar dariapda sebelumnya. Tingkat melek huruf kaum muda untuk orang berusia 15 sampai 24 tahun meningkat dari 87.286 pada tahun 2010 menjadi 90.537 pada tahun 2019.

Meski begitu, masih ada perdebatan yang signifikan soal melek huruf di seluruh dunia.

Itu tadi sejarah dan tujuan dari Hari Membaca Nyaring Sedunia atau World Read Aloud Day, yang tahun ini diperingati pada 1 Februari 2023.