Minggu, 22 September 2024
Minggu, 22 September 2024
NewsEkobizTarif Listrik Jadi Naik Tahun Ini?

Tarif Listrik Jadi Naik Tahun Ini?

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Listrik di era digital seperti sekarang ini, menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi masyarakat. Tak heran jika informasi mengenai perubahan tarif listrik menjadi informasi yang sangat penting.

Lantas, apakah pemerintah akan melakukan perubahan tarif listrik di tahun 2023?

Perlu Sobat Holopis ketahui, penyesuaian tarif listrik nasional, khususnya untuk tarif listrik non-subsidi dilakukan pemerintah setiap kuartal. Namun penyesuaian itu juga dipengaruhi oleh sejumlah faktor, seperti nilai tukar atau kurs, harga minyak, inflasi dan harga batu bara.

Terkait dengan tarif listrik, pemerintah melalui Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) memastikan tidak melakukan perubahan tarif listrik non subsidi pada kuartal I 2023.

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, Rida Mulyana menegaskan, bahwa penyesuaian tarif listrik non subsidi dilakukan dengan mempertimbangkan kondisi perekonomian.

“Segala macam kita tanya apa kemudian tarif yang memang seharusnya kita sesuaikan itu bisa diimplementasikan tanpa ada kekagetan di teman-teman pelaksana di lapangan,” jelas Rida dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Selasa (31/1).

Rida menjelaskan, bahwa keputusan pemerintah tak melakukan perubahan tarif listrik tersebut adalah untuk menjaga daya beli masyarakat dan pemulihan ekonomi.

Selanjutnya untuk di kuartal II, pihaknya masih akan melihat lagi sejumlah faktor yang menjadi pertimbangan pemerintah dalam menentukan tarif listrik.

“Untuk triwulan berikutnya, kita akan lihat faktor-faktor dan kondisi di lapangan. Dan saat ini yang sifatnya tarif itu harus dibicarakan multi sektor,” tandasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Menhub Klaim Punya Jurus Jitu Turunkan Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah cara untuk menurunkan harga tiket pesawat yang semakin mahal. Setidaknya, kata dia, terdapat empat cara yang dipaparkan olehnya.

DJP Klaim MLI STTR yang Diteken Sri Mulyani Bisa Dongkrak Penerimaan Pajak

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengklaim, perjanjian Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR) bisa mendongkrak penerimaan pajak negara.

Pasar Keuangan RI Banjir Dana Asing dalam Sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia selama sepekan terakhir, yakni selama periode transaksi 17 - 19 September 2024 sebesar Rp 25,6 triliun.

Harga Bahan Pangan Kompak Naik di Akhir Pekan

Harga bahan pangan secara nasional di tingkat pedagang eceran terpantau mengalami kenaikan pada akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.