HOLOPIS.COM, JAKARTA – Google sedang menyiapkan sebuah bot, dengan basis kecerdasan buatan (AI). AI tersebut, bisa digunakan Sobat Holopis untuk ciptakan sebuah musik hanya berbekal input teks.

Dikutip Holopis.com dari Insider, Selasa (31/1), seorang peneliti Google mengatakan AI ini diberi nama MusicLM. Ia menjelaskan, AI ini bisa menciptakan musik dari deskripsi dalam caption teks.

“Kami mendemonstrasikan bahwa MusicLM dapat dikondisikan menggunakan teks dan melodi di mana mereka dapat mengubah melodi siulan dan senandung sesuai dengan gaya yang dideskripsikan dalam caption teks,” katanya seperti dikutip Holopis.com.

Lebih lanjut dijelaskan, deskripsi teks seperti musik jazz menarik dengan saksofon solo dan penyanyi solo, atau Techno Berlin ala 90-an dengan bass rendah dan kemudian menerima musik yang serupa dengan kueri teks tersebut.

Sayangnya MusicLM belum bisa dicoba langsung, namun untuk hasilnya Sobat Holopis bisa mendengarkan musik ciptaannya di halaman Github Google.

MusicLM ini mulai dikembangkan, dengan mulai meningkatnya chatbot ChatGPT milik OpenAI. Google pun mulai merilis 20 produk baru termasuk versi baru Google Search dengan fitur chatbot AI.

Tapi MusicLM tidak termasuk dalam daftar produk yang akan dirilis. Google mengatakan ada beberapa risiko yang harus dipertimbangkan, termasuk bias yang bisa menyebabkan kurangnya representasi dan perampasan data, masalah teknologi, dan potensi penyalahgunaan konten kreatif.

Masalah hak cipta juga menghantui MusicLM. Menurut studi Google, peneliti menemukan lagu yang sudah ada dan mudah dikenali di 1 persen musik contoh yang berpotensi melanggar hak cipta.

“Kami sangat menekankan perlunya lebih banyak penelitian untuk mengatasi risiko terkait dengan penciptaan musik ini di masa depan kami tidak berencana untuk merilis model (AI) pada saat ini,” pungkasnya.