HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Partai Buruh, Said Iqbal menghadiri peresmian Posko Orange. Ia menyampaikan bahwa posko semacam ini akan tersebar di seluruh kabupaten dan kota di seluruh Indonesia. Targetnya, masing-masing RW akan ada posko yang dibentuk oleh Partai Buruh tersebut.

“Nanti Posko Orange itu ada di setiap RW, di 4.262 Kabupaten/Kota. Minimal, di setiap kelurahan atau desa ada satu bangunan, apakah itu rumah pengurus, atau rumah anggota, atau kita bikin bedeng,” kata Iqbal dalam sambutannya di Lampu Merah Pupar, Cakung, Jakarta Timur seperti dikutip Holopis.com, Minggu (29/1).

Ia menyampaikan, bahwa Posko Orange akan menjadi wadah untuk menempuh keluh kesah masyarakat agar bisa diadvokasi secara baik dan terorganisir oleh Partai Buruh. Sekaligus, posko ini akan mempermudah partainya untuk bersosialisasi secara langsung dengan masyarakat.

“Posko Orange adalah tempat yang sengaja dibuat untuk mendekatkan diri dengan masyarakat, dan juga konstituennya,” ujarnya.

Iqbal mengatakan bahwa motifasi pendirian Posko Oranye ini juga karena menyusul maraknya perilaku diskriminasi yang dilakukan para perusahaan terhadap para pekerjanya di tanah air. Ia pun mempersilakan masyarakat dan buruh untuk tidak ragu datang melaporkan kepada mereka agar bisa lekas diadvokasi.

Setidaknya, ada 10 (sepuluh) sarana yang akan diadvokasi melalui Posko Orange tersebut. Antara lain ; kasus PHK sepihak, uang pesangon yang tidak dibayarkan atau tidak sesuai, outsourcing dan buruh kontrak yang mengalami pelanggaran hukum, praktik kriminalisasi terhadap buruh, petani, nelayan dan aktivis.

Lalu, ada juga kasus-kasus yang berkaitan dengan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dan pelecehan seksual, buruh yang tidak mendapatkan cuti dari perusahaan, kasus penolakan rumah sakit dan terkendala dengan BPJS Kesehatan, pelayanan publik yang buruk dan tidak profesional, Pekerja Rumah Tangga (PRT) yang mengalami kekerasan, dan masyarakat atau buruh yang memerlukan bantuan atau pendampingan hukum.

“10 poin tersebut sebagai sarana pengaduan masyarakat di Posko Orange Partai Buruh. Hal ini bentuk kepedulian partai buruh kepada masyarakat, mengingat tidak ada partai lain selain partai buruh yang terjun langsung memberikan pelayanan aspirasi dan advokasi kepada masyarakat,”