HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah resmi mengumumkan dimulainya kick off Keketuaan ASEAN Indonesia 2023.

Pengumuman itu disampaikan Jokowi di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, pagi tadi.

“Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini secara resmi saya nyatakan kick off Keketuaan ASEAN Indonesia 2023 dimulai,” kata Jokowi dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Minggu (29/1).

Jokowi menyampaikan, bahwa sebelumnya Indonesia telah sukses menjalankan presidensi G20. Kemudian di tahun ini, Indonesia didapuk menjadi Ketua ASEAN di tengah situasi global yang penuh dengan ketidakpastian.

“Krisis ekonomi, krisis energi, krisis pangan, semua, perang, semua sedang terjadi,” kata Jokowi.

Meski begitu, Orang nomor satu di Indonesia itu meyakini, ASEAN masih penting dan relevan bagi rakyat dan kawasan. Dia pun yakin, ASEAN akan terus berkontribusi bagi perdamaian dan stabilitas di kawasan Indo-Pasifik.

“ASEAN akan terus dapat menjaga pertumbuhan ekonomi dan ASEAN matters : epicentrum of growth,” ujar mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Dalam peresmian kick off keketuaan ASEAN Indonesia itu, Presiden Jokowi didampingi Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju.