Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Muhadjir Effendy Klaim Kenaikan Biaya Haji Demi Kurangi Beban

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menko PMK, Muhadjir Effendy mengklaim kenaikan biaya haji di tahun ini memang sudah mendesak untuk dilakukan.

Muhadjir pun mengeluhkan biaya subsidi terlalu tinggi yang sudah dibebankan kepada pemerintah untuk menanggung biaya haji masyarakat selama ini yang diklaim di bawah harga sebenarnya.

“Jadi, selama ini memang dana untuk haji itu sebetulnya di bawah dari biaya yang seharusnya. Jadi selama ini pemerintah memberikan subsidi tidak langsung,” kata Muhadjir dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Kamis (26/1).

Muhadjir kemudian mengklaim, keberadaan BPKH yang mengelola keuangan haji selama ini pun belum maksimal dalam memberikan nilai tambah dari biaya haji yang telah dibayarkan masyarakat.

“Ini kita harapkan memang ada nilai tambah dari dana-dana yang masuk yang masih ngantre itu. Tapi, itu kan belum maksimum,” keluhnya.

Demi mengurangi beban yang nantinya yang akan berdampak kepada masyarakat, oleh karena itu Muhadjir meyakini sudah layak ketika harga biaya haji pun dinaikan saat ini.

“Tapi kalau ditunda-tunda terus kenaikan ini memang akan semakin membebani. Karena secara, jadi setiap tahun itu sebetulnya ada biaya yang dibebankan kepada calon jemaah itu di bawah nilai yang seharusnya,” klaimnya.

“Makanya ini kita upayakan ada penyesuaian agar keberlangsungan dari penyelenggaraan haji ini bisa terjamin,” sambungnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Gus Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bertemu...

Kemenag Tegaskan Tidak Ada Jual Beli Kuota Haji

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Isu jual beli kuota haji menjadi...

DPR Puji Haji Tahun 2024, Alhamdulillah Banyak Dapat Pujian Positif

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Ketua Komisi VIII DPR Ashabul Kahfi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru