Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizWaduh, Banyak Sarjana Nganggur Gegara Pilih-pilih Kerjaan

Waduh, Banyak Sarjana Nganggur Gegara Pilih-pilih Kerjaan

HOLOPIS.COM, BLITAR – Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Blitar mencatat sepanjang tahun 2022, sebanyak 4.192 warga Blitar, Jawa Timur belum memiliki pekerjaan alias menganggur.

Kepala BPS Kota Blitar, Bambang Indarto mengatakan, bahwa rata-rata pengangguran itu didominasi oleh lulusan SMA/SMK hingga perguruan tinggi atau sarjana.

“Rata-rata didominasi angkatan kerja terdidik, yakni lulusan SMA, SMK, hingga perguruan tinggi,” kata Bambang dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Rabu (25/1).

Bambang menyebut, salah satu penyebab para tenaga kerja terdidik tak kunjung mendapat pekerjaan karena selalu mengutamakan pekerjaan yang sesuai dengan bidang yang ditekuni semasa di sekolah.

Di sisi lain, mereka juga tidak memiliki skill atau keterampilan lainnya. Sejak Agustus 2022, BPS mencatat jumlah penduduk usia kerja di Kota Blitar mencapai 114.797 jiwa.

Meski angka pengangguran 2022 sebanyak 4.192 jiwa, jumlah tersebut menurut Bambang mengalami penurunan dibanding 2021 yang sebanyak 5.264 jiwa.

“Untuk menekan jumlah angka pengangguran, pemerintah Kota Blitar terus berusaha keras memperluas lapangan kerja baru,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Tambah Sajian Kuliner, PT JMRB Resmi Hadirkan Gerai Eats and Co di Travoy Hub

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sebagai bentuk mendongkrak kebutuhan pengunjung dari...

Australia Hentikan Penyelidikan Antidumping Produk Nanas Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pemerintah Australia memutuskan untuk menghentikan penyelidikan...

IHSG Melesat Usai BI dan The Fed Turunkan Suku Bunga

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Sesi I hari ini, Kamis (19/9), melesat hingga berhasil tembus level resistance 7.900.

SRBI Makin Laku, Kepemilikannya Capai Rp 918,42 Triliun

Bank Indonesia (BI) mencatat kepemilikan Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI) sampai dengan tanggal 17 September 2024 telah mencapai Rp 918,42 triliun.