NewsEkobizMendag Bakal Bawa Oleh-oleh Kerja Sama Dagang Rp2,3 dari Arab Saudi

Mendag Bakal Bawa Oleh-oleh Kerja Sama Dagang Rp2,3 dari Arab Saudi

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan alias Zulhas berhasil membawa oleh-oleh sejumlah kerjasama dalam misi dagangnya ke Arab Saudi selama beberapa hari terakhir ini.

Setidaknya, terdapat kerja sama antara pelaku usaha Indonesia dengan lima pelaku usaha Arab Saudi. Nilai kontrak dari kerja sama itu pun terbilang cukup besar, yakni lebih dari USD155,7 juta atau sekitar Rp2,3 triliun.

Kerja sama dagang tersebut, ditandai dengan penandatanganan kontrak dagang, perjanjian kerja sama, dan nota kesepahaman (MoU).

“Saya menyambut baik penandatanganan kontrak dagang, perjanjian kerja sama, dan MoU antara pelaku usaha Indonesia dengan Arab Saudi,” kata Zulhas dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com di Jakarta, Selasa.

Adapun bentuk dari kerja sama tersebut, yakni dalam bentuk ekspor impor, dimana pelaku usaha Indonesia akan mengekspor sejumlah komoditas unggulan ke Arab Saudi.

Komoditas yang nantinya akan dikirim pun bermacam-macam, mulai dari bahan pangan, RBD palm olein, minyak goreng, produk ikan dan olahannya, dan daging.

Selain itu, ada juga ekspor komoditas lain seperti sayuran, dan olahannya, buah-buahan, kakao, beras, rempah-rempah, mi telur, dan arang briket.

“Diharapkan kerja sama ini akan terus berlanjut dengan transaksi dagang yang semakin besar dan dengan komoditas yang semakin banyak jenisnya,” harapnya.

Lebih lanjut, Zulhas menuturkan bahwa terdapat dua dari delapan kerjasama dagang yang dikhususkan untuk memenuhi kebutuhan haji dan umrah.

“MoU khusus untuk pemenuhan kebutuhan jamaah haji ditujukan untuk komoditas ikan dan olahannya dalam berbagai kemasan, serta daging, dan sayuran dalam berbagai jenis kemasan,” jelas Zulhas.

Terakhir, Zulhas juga menegaskan pihaknya telah menempatkan perwakilan perdagangan Indonesia di Arab Saudi yang akan selalu membantu para pelaku usaha dalam meningkatkan ekspornya.

“Perwakilan perdagangan Indonesia di luar negeri selalu siap membantu para pelaku usaha Indonesia untuk mempromosikan produk-produknya, serta memperluas pasar dan meningkatkan ekspornya,” ungkapnya.

Ruang Mula

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Luhut Pastikan Sepeda Motor Tak Kena Pembatasan BBM Pertalite

Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan memastikan pengguna motor masih bisa membeli Pertalite setelah pembatasan pembelian BBM subsidi resmi berlaku.

Akhir Pekan, Harga Bahan Pangan Ramai-ramai Naik

Sejumlah harga pangan di tingkat pedagang eceran secara nasional terpantau menunjukkan adanya kenaikan pada akhir pekan ini, Sabtu 7 September 2024.

Transaksi Bursa Karbon per Agustus 2024 Capai Rp 37,05 Miliar

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melaporkan perkembangan terbaru mengenai bursa karbon, sejak resmi diluncurkan pada 26 September 2023 lalu.

Cadangan Devisa Indonesia Pecahkan Rekor Tertinggi

Bank Indonesia (BI) melaporkan posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Agustus 2024 meningkat menjadi USD 150,2 miliar, dari yang sebelumnya per Juli 2024 sebesar USD 145,4 miliar.