Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024
NewsEkobizMasyarakat Lokal Diminta Melek Peluang Bisnis di IKN Nusantara

Masyarakat Lokal Diminta Melek Peluang Bisnis di IKN Nusantara

“Jangan sekedar menjual aset tanah kita kepada para investor, karena ini merupakan bagian dari persaingan bisnis yang harus kita tangkap di zaman sekarang,” sambungnya.

Perkuat Literasi

Kemudian, Junaidi yang juga Koordinator Bidang Bahasa Gerakan Literasi Kabupaten Kukar ini memandang bahwa penguatan literasi bagi masyarakat lokal juga tak kalah penting.

Khususnya bagi generasi muda. Ia ingin mereka semakin aktif belajar demi menyambut peluang besar dari keberadaan IKN Nusantara di Kaltim.

Apalagi diterangkan Junaidi, bahwa di wilayah Kukar ini selain potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang cukup bisa dikembangkan, sesungguhnya di sektor kebudayaan juga bisa dioptimalkan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat. Contohnya di daerah hulu sungai Mahakam, masih banyak budaya warga lokal yang murni dan belum tersentuh dengan adanya budaya-budaya luar, seperti di daerah Gedang Ipil Kabupaten Kukar yang memiliki kebudayaan kental adat asli atau adat lawas dengan ritual keagamaannya dan upacara adat.

“Ini sangat ikonik sehingga bisa dikelola sebagai wisata kebudayaan,” papar Junaidi.

Oleh sebab itu pula, peluang demi peluang ini diharapkan tidak diabaikan oleh masyarakat lokal khususnya generasi muda di tanah Borneo.

“Generasi muda Kutai di Kukar yang saat ini aktif di komunitas Literasi Kutai, agar cepat tanggap dan melek, terbuka wawasannya terhadap dinamika yang berkembang saat ini, khususnya potensi peluang usaha yang sangat besar dengan dipindahkannya IKN dari Jakarta ke wilayah Kaltim,” pungkas Junaidi.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Akhir Pekan, Harga Emas Antam Ngegas Jadi Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Sabtu 21 September 2024.

Jokowi Sebut Kesempatan Kerja Makin Sempit, Fedi Nuril : UU Cipta Kerja Gagal, Pak ?

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Fedi Nuril memberikan sindiran kepada Presiden...

Bahlil Kasih Sinyal Pemerintah Batal Batasi Pembelian BBM Subsidi Mulai 1 Oktober 2024

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bahlil Lahadalia memberikan sinyal kuat, bahwa aturan pembatasan pembelian bahan bakar minyak (BBM) subsidi batal diberlakukan mulai 1 Oktober 2024.

Teknologi Makin Canggih, Jokowi Ingatkan 85 Pekerjaan Bakal Hilang Tahun Depan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan sebanyak 85 juta pekerjaan akan hilang pada tahun 2025, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.