Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Kasus Sambo : Bharada Richard Dituntut Hukuman Tinggi, Jokowi Ogah Ikut Campur

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Jokowi menegaskan bahwa dirinya tidak bakal ikut campur dengan masalah hukum persidangan kasus Ferdy Sambo yang saat ini sudah memasuki babak penuntutan dari jaksa.

Pernyataan Jokowi ini pun merespon permintaan dari Ibunda dari Bharada Richard Eliezer agar anaknya bisa mendapatkan hukuman yang lebih ringan dan sudah membantu untuk membongkar kasus tersebut.

“Saya tidak bisa mengintervensi proses hukum yang sedang berjalan,” kata Jokowi dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Selasa (24/1).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun mengklaim, meskipun dirinya menjabat sebagai Kepala Negara, namun semua kasus hukum yang sedang berjalan tidak boleh diganggu gugat oleh dirinya.

“Bukan hanya kasus FS saja, untuk semua kasus tidak, karena kita harus menghormati proses hukum yang ada di lembaga-lembaga yang sedang berjalan,” tegasnya.

Kapuspenkum Kejaksaan Agung, Ketut Sumedana sebelumnya mengatakan, peran Richard Eliezer sejak penyidikan hingga persidangan tetap sebagai eksekutor dan bukan tokoh utama yang membongkar kasus tersebut.

“Deliktum yang dilakukan oleh Richard Eliezer Pudihang Lumiu sebagai eksekutor, yakni pelaku utama, bukanlah sebagai penguak fakta hukum,” kata Ketut (19/1).

Ketut kemudian berdalih, keluarga almarhum Brigadir Yosua lah justru yang dianggap berperan besar membuka kasus tersebut dan bukan dari pengakuan Richard Eliezer.

“Jadi dia bukan penguak. Mengungkapkan fakta hukum yang pertama justru keluarga korban. Itu menjadi bahan pertimbangan,” imbuhnya.

Dikabarkan holopis.com sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut hukuman 12 tahun penjara kepada Bharada Richard Eliezer dalam kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Yosua sesuai dengan Pasal 340 KUHP juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Santri Habib Rizieq Disiram Air Panas Seniornya Sendiri, Kasus Ditangani Polres Bogor

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Juru bicara Habib Rizieq Shihab, Aziz...

Polres Jaksel Benarkan Nikita Mirzani Jemput Loly untuk Visum

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pasca melaporkan Vadel Badjideh ke Polres Metro Jakarta...

Jerry Massie Sarankan Budi Arie Mundur, Tak Becus Urus Serangan Siber dan Judol

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Direktur eksekutif Political and Public Policy...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru