Senin, 23 September 2024
Senin, 23 September 2024
NewsEkobizPertamina Bakal Produksi Baterai untuk Kendaraan Listrik

Pertamina Bakal Produksi Baterai untuk Kendaraan Listrik

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Direktur Utama PT Pertamina Persero, Nicke Widyawati menyatakan bahwa pihaknya sangat yakni bisa memproduksi baterai kendaraan listrik (EV) dengan memaksimalkan keberadaan sumber daya alam (SDA) di Indonesia, berupa nikel.

“Kami yakin dengan cadangan nikel di Indonesia, kami bisa memproduksi baterai dan meningkatkan penetrasi EV,” kata Nicke dalam keterangannya seperti dikutip Holopis.com, Senin (23/1).

Nikel adalah salah satu mineral yang menjudi bahan baku pembuatan baterai, termasuk untuk kendaraan listrik. Dengan cadangan yang dimiliki Indonesia saat ini, ia menyebut bahwa pihaknya akan memaksimalkannya dengan baik. Salah satunya adalah dengan ketersediaan kebijakan yang memadai. Antara lain ; percepatan penggunaan energi berkelanjutan, memastikan transisi yang adil dan terjangkau, serta meningkatkan ketahanan energi.

“Kami mengusulkan beberapa rekomendasi kebijakan dan aksi kebijakan, terutama bagaimana mempercepat penetrasi EV di setiap negara,” ujarnya.

Lebih lanjut, Nicke juga memaparkan bahwa saat ini Pertamina juga memiliki lebih dari 7.400 SPBU, 6.100 Pertashop, dan 63.000 outlet LPG. Pertamina juga siap berkolaborasi dengan pihak lain dari berbagai negara untuk mengembangkan baterai EV dan mengoptimalkan infrastruktur yang dimiliki.

Apalagi, proyek tersebut sejalan dengan rekomendasi yang disampaikan oleh Gugus Tugas Energi, Keberlanjutan dan Iklim B20 (B20-TF ESC).

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

APBN Agustus 2024 Defisit Lagi, Sri Mulyani Klaim Masih On Track

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati menyampaikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) per akhir Agustus 2024 kembali mencatatkan defisit sebesar Rp 153,7 triliun.

Sri Mulyani Akui Pemerintah Bisa Bikin RI Terancam Middle Income Trap

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati menyoroti ancaman middle income trap atau jebakan kelas menengah yang tengah dihadapi Indonesia.

Jokowi Harap Smelter PT Amman Jadi Multiplayer Effect bagi NTB dan Indonesia

Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa dirinya sangat mengapresiasi pembangunan smelter atau pabrik pengolahan hasil tambang oleh PT AMMAN Mineral Internasional Tbk yang ada di Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Awal Pekan, Harga Emas Antam Masih Stagnan di Level Rp 1.455.000 per Gram

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan awal pekan ini, Senin 23 September 2024.