HOLOPIS.COM, JAKARTA – Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI), Djayadi Hanan membeberkan hasil temuan surveinya terhadap masyarakat. Tujuannya adalah untuk mengukur seperti apa perspektif publik terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wapres KH Maruf Amin.

Dalam temuan surveinya itu, mayoritas atau sebanyak 76,2 persen publik menyatakan puas atas kinerja Presiden Jokowi.

“Januari 2023 kita menemukan 76,2 responden menyatakan puas atau sangat puas terhadap kinerja presiden,” kata Djayadi dalam rilis daring seperti dikutip Holopis.com, Minggu (22/1).

Kemudian, ia pun melihat bahwa saat ini tren positif kinerja pemerintah juga sejalan dengan peningkatan persepsi publik terhadap ekonomi dan hukum yang juga membaik.

“Tren-nya kinerja presiden ini sejalan dengan tren peningkatan positif persepsi ekonomi dan persepsi hukum sejak 3 bulan terakhir kinerja presiden mengalami peningkatan dalam persepsi positif masyarakat dari 62,6 persen pada September menjadi sekarang ke 76,2 persen,” papar dia.

Selain itu, lanjut Djayadi, kinerja pemerintah positif di semua kategori termasuk kategori usia, pekerjaan, dan etnis.

Ia mencontohkan, dari segi pekerjaan atau pendapatan, hasil survei menunjukkan semakin tinggi pendapatan semakin tinggi tingkat kepuasan terhadap kinerja presiden.

“Biasanya kebalik, makin tinggi pendapatan makin rendah tingkat kepuasannya secara presentase. Tapi di Januari kami menemukan makin tinggi pendapatan makin tinggi tingkat kepuasan kepada kinerja presiden,” pungkas Djayadi.

Survei dilakukan pada 1.221 responden yang dipilih melalui nomor telepon secara acak. Margin of error survei kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen dengan asumsi simple random sampling.