Senin, 23 September 2024
Senin, 23 September 2024
NewsEkobizDear Pengusaha Kecil, Sri Mulyani Bilang Tak Perlu Bayar Pajak!

Dear Pengusaha Kecil, Sri Mulyani Bilang Tak Perlu Bayar Pajak!

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati menyampaikan bahwa tidak semua pelaku usaha berkewajiban untuk membayar pajak penghasilan (PPh).

Dijelaskan olehnya, PPh tidak akan dikenakan bagi pelaku usaha yang mempunyai omzet Rp1 juta per minggu. Hal itu sebagaimana tertuang dalam Undang-undang (UU) Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (HPP).

“Enggak, enggak, kalau (omzet) Rp1 juta (per minggu) belum kena pajak,” kata Sri Mulyani saat berdialog dengan penerima bansos Pahlawan Ekonomi Nasional (PENA) ysng dikutip Holopis.com, Sabtu (21/1).

Sebagaimana diketahui, pemerintah telah menerbitkan UU HPP yang di dalamnya turut mengubah ketentuan mengenai pajak pernghasilan (PPh) mulai tahun pajak 2022.

Dalam UU tersebut, wajib pajak orang pribadi UMKM yang membayar pajak menggunakan skema PPh final UMKM akan mendapatkan fasilitas batas omzet tidak kena pajak senilai Rp500 juta.

Dengan demikian, para pelaku usaha kecil yang omzetnya belum di atas Rp500 juta dalam setahun, tidak perlu membayar PPh final yang tarifnya sebesar 0,5 persen.

Pun untuk pelaku usaha yang memiliki omzet melebihi Rp500 juta, penghitungan pajaknya hanya akan dilakukan pada omzet yang di atas Rp500 juta.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Pemilu 2024 Sedot Anggaran Rp 30,5 Triliun

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat realisasi anggaran untuk belanja Pemilu 2024 per Agustus 2024 telah mencapai Rp 30,5 triliun.

Airlangga Minta Sri Mulyani Kucurkan Rp 1 Triliun Demi Percepat Digitalisasi Daerah

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto meminta Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati untuk mengucurkan anggaran sebesar Rp 1 triliun sebagai upaya Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD).

Koperasi UMKM Tangguh Berkibar Kenalkan Produk Indonesia di Pameran CIEIE EPSE 2024

Pameran China International E-Commerce Industry Expo dan Indonesia E-Commerce Product Sourcing Exhibition (CIEIE EPSE 2024) digelar di JIEXPO Kemayoran, Hall A, Jakarta, resmi dibuka sejak hari Kamis, 19 September 2024.

IHSG Perkasa di Awal Pekan, Lima Saham Ini Langsung Kasih Cuan Maksimal

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir menguat pada akhir perdagangan saham di awal pekan ini, Senin 23 September 2024.