HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati menitipkan pesan kepada Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini alias Risma terkait anggaran perlindungan sosial (perlinsos).

Bendahara negara itu meminta agar anggaran perlinsos yang disiapkan pada tahun 2023 ini sebesar Rp479 triliun, tidak menjadi bulan-bulanan para koruptor.

Hal itu disampaikan Sri Mulyani dalam acara Program Penanganan Kemiskinan Terpadu di Malang, yang juga dihadiri Mensos Risma.

“Saya senang semoga seluruh anggaran dari perlindungan sosial yang sudah dialokasikan di APBN benar-benar bisa dirasakan manfaatnya kepada mereka yang membutuhkan dan tidak dikorupsi ya Bu (Risma),” kata Sri Mulyani di hadapan Risma, sebagaimana dikutip Holopis.com, Jumat (20/1).

Sri Mulyani kemudian mengingatkan, agar realisasi anggaran perlinsos dapat digenjot semaksimal mungkin, seperti halnya pada tahun 2022 lalu.

“2022 yang lalu Ibu Risma meminta anggaran spesial tambahan dari Kementerian Keuangan Rp 198 miliar yang dipakai untuk memberikan makanan lansia dan itu sudah tergunakan seluruhnya Rp 183 miliar,” jelas Sri Mulyani.

Melihat penyerapan anggaran perlindungan sosial yang telah berjalan pada 2022, serta manfaatnya bagi masyarakat, Sri Mulyani memastikan akan sepenuhnya mendukung program-program yang telah disusun Kementerian Sosial di tahun ini.

“Kami akan mendukung yang dilakukan oleh Kementerian Sosial karena Bu Risma selalu melihat dari mulai kemiskinan, disabilitas dan pemberdayaan menjadi satu paket kegiatan,” ucapnya.

“Beliau menggunakan anggaran dari bantuan sosial pemerintah itu betul-betul membantu langsung target kepada yang memang membutuhkan,” tambahnya.