HOLOPIS.COM, JAKARTA – HMD Global mengawali tahun 2023, dengan meluncurkan produk handphone terbarunya yakni Nokia C12. Hanphone ini, jadi penerus Nokia C10 yang merupakan generasi sebelumnya yang diumumkan awal tahun 2021.

Nokia C21 diluncurkan di Eropa, dengan sejumlah perubahan sekaligus peningkatan spesifikasi yang diberikan. Nantinya handphone ini akan hadir di Jerman dan Austria lebih dahulu baru ke pasar yang lebih luas lagi.

Harga yang ditawarkan di Eropa, yakni 120 Euro atau kisaran Rp 1,9 juta. Jika Nokia C12 akan dibawa ke pasar Indonesia, tentunya harga yang dibanderol akan berbeda. Karena, di Eropa harga handphone lebih mahal akibat pajak yang tinggi.

Spesifikasi Nokia C12 :

Layar dan Dimensi
Layar Nokia C12 berukuran 6,3 inch dengan panel LCD resolusi HD+. HP ini punya dimensi 160.6 x 74.3 x 8.75mm dengan berat 177.4 gram.

Performa
Nokia C12 menggunakan chipset Unisoc SC9863A1 yang dipadukan RAM 2 GB. Ada fitur RAM virtual hingga 2 GB untuk bikin performa tambah kencang, mengingat Android Go dengan RAM 1 GB sudah memadai. Ada memori internal berkapasitas 64 GB, sayangnya Nokia tidak memberikan slot microSD. Jadi pengguna harus mengandalkan penyimpanan berbasis cloud.

Kamera
Nokia memasang kamera selfie 5 MP di bagian depan, dengan model notch tetesan air di bagian atas. Sementara di bagian belakang terpasang kamera 8 MP.

Baterai
Baterai yang dipasang, berkapasitas 3.000 mAh dengan pengisian 5W.

Fitur Lainnya
Untuk konektivitasnya, Nokia C12 memberikan opsi 4G, WiFi dan Bluetooth 5.2. C12 dibuat untuk bertahan lama. Dibuat dengan body polikarbonat bertekstur. Selain itu sudah mengantongi sertifikat IP52 (terlindung dari debu dan air yang menetes).

Sistem Operasi (OS)
Android 12 Go Edition

Pilihan Warna
Nokia C12 hadir dalam varian warna Light Mint, Dark Cyan dan Charcoal.