HOLOPIS.COM, MANADO – Presiden Jokowi meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan yang terletak di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara yang telah dibangun sejak tahun 2016.

Jokowi mengklaim, bendungan yang dibangun dengan menghabiskan anggaran mencapai Rp 1,9 triliun tersebut bisa mengantisipasi ancaman banjir yang terjadi di Kota Manado.

“Jadi ini Bendungan Kuwil Kawangkoan kita harapkan bisa menghilangkan, mengurangi banjir, utamanya yang ada di Manado, yang pernah kejadian di tahun 2014,” kata Jokowi dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Kamis (19/1).

Pasalnya, bendungan ini diketahui memiliki kapasitas tampung 26 juta meter kubik, dengan luas genangan 157 hektar, yang diharapkan juga bisa digunakan untuk pembangkit listrik.

“Jadi Bendungan Kuwil ini bisa dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga mikrohidro, yang menghasilkan tenaga listrik dua kali 0,70 megawatt. Meskipun kecil, tetapi bisa menjadi pembangkit listrik tenaga mikrohidro,” tuturnya.

Jokowi kemudian menjanjikan, bakal terus membangun bendungan yang serupa untuk meningkatkan kapasitas air untuk pertanian para warga di daerah Sulawesi Utara khususnya Manado.

“Nanti bulan Maret atau April akan selesai lagi satu bendungan, yaitu Bendungan Lolak. Semakin banyak bendungan semakin baik, karena air tidak dibiarkan masuk ke laut tetapi ditampung untuk keperluan kita semuanya,” tutupnya.