HOLOPIS.COM, JAKARTA – Sobat Holopis mungkin sudah tak asing dengan kondom, alat kontrasepsi yang dirancang untuk mencegah kehamilan dengan menghentikan sperma bertemu sel telur.

Sebagaimana dikutip Holopis dari laman NHS, selain dirancang untuk mencegah kehamilan, kondom juga dirancang untuk melindungi Sobat Holopis dari penyakit menular seksual, seperti HIV/AIDS.

Namun sayangnya, tak sedikit laki-laki maupun pasangan yang belum mengetahui cara memakai kondom yang benar. Padahal, pemasangan kondom yang baik perlu diketahui untuk meminimalisir risiko kebocoran.

Nah, pada artikel ini Holopis.com akan memberikan informasi bagaimana cara memakai kondom yang baik dan benar.

Cara memasang kondom

Hal pertama yang harus Sobat Holopis ingat sebelum menggunakan kondom untuk laki-laki, adalah memastikan terlebih dahulu apakah penis sudah benar-benar ereksi.

Setelah penis benar-benar ereksi, buka kemasan kondom dengan hati-hati, lalu buka gulungan kondom sekitar 1/2 inchi. Namun sebelum itu, Sobat Holopis harus mencuci tangan terlebih dahulu ya, agar kondisi kondom tetap terjaga kesterilannya.

Kemudian, tempatkan kondom pada penis Anda sambil mencubit bagian ujung kondom untuk mengeluarkan udara dan meninggalkan ruang untuk air mani. Hal itu penting untuk dilakukan guna mencegah kondom pecah ketika terjadi ejakulasi.

Setelah kepala penis masuk, gulung kondom sampai ke bawah penis secara perlahan, lalu ratakan semua gelembung udara.

Setelah Sobat Holopis memakai kondom, Sobat juga bisa mengoleskan pelumas yang aman pada bagian luar kondom sebelum melakukan penetrasi dengan pasangan.

Namun, perlu diingat untuk tidak menggunakan pelumas berbahan dasar minyak dengan kondom lateks. Sebab, hal ini dapat merusak lateks dan menyebabkan kondom rusak. Sebaiknya gunakan cari opsi pelumas berbasis air.

Cara melepas kondom

Tak hanya saat memasang, melepas kondom pun mempunyai cara tersendiri untuk menghindari kondom bocor seusai penetrasi.

Pertama-tama setelah Sobat Holopis berpenetrasi, pegang pangkal kondom saat Sobat Holopis menarik penis dari vagina atau mulut pasangan Sobat.

Sebagai catatan, keluarkan penis Sobat Holopjs dari vagina atau mulut pasangan saat masih ereksi. Jika tidak, kondom Anda mungkin terlepas selama penarikan.

Setelah itu, lepaskan kondom dari penis dengan hati-hati dan buang. Namun perlu diingat, jangan menyiram dan membuang kondom ke toilet.

Terakhir yang perlu Sobat Holopis ingat, jangan pernah menggunakan kembali kondom yang sudah dipakai.