HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketua DPR RI, Puan Maharani berkesempatan untuk berkunjung ke sentra usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Denpasar, Bali. Dalam kunjungan yang berlangsung pada Senin (16/1) lalu, para pelaku UMKM khususnya kaum ibu yang jadi penopang ekonomi keluarga mengeluh kepada Puan.

Puan akhirnya membuka ruang berdialog, dengan pelaku UMKM tersebut. Ada 100 warga yang menjual produk-produk UMKM di lokasi ini, termasuk ibu-ibu dari kelompok PEKKA (Perempuan Kepala Keluarga).

Tidak menyiakan kesempatan yang ada, para kaum ibu langsung menceritakan keluhannya. Salah satunya, bernama Maria (65) mengeluhkan mahalnya harga bahan baku produk usahanya.

“Kita jadi susah jual makanan, karena harga bahan baku naik,” ungkap Maria dalam keterangan yang diterima Holopis.com, Rabu (18/1).

Sementara itu Sariyani (50) bercerita mengenai beratnya kehidupan ia dan keluarga akibat pandemi Covid-19. Ia kini menjadi kepala keluarga dengan berjualan produk UMKM karena sang suami belum kembali bekerja.

“Suami sebelumnya kerja di tempat gym, sekarang masih sepi, belum pulih lagi. Suami yang bekerja di situ jadi nganggur,” kisah Sariyani.

Usai mendengarkan keluh kesah kaum ibu, Puan memberi semangat kepada para perempuan peserta UMKM yang hadir agar tidak patah semangat meski dalam kondisi ekonomi yang kurang baik.

“Di dalam Indonesia yang maju, perempuan harus ikut maju. Perempuan harus diberi pembekalan dan dukungan untuk menjadi berdaya,” ujar Puan.

Puan memastikan DPR akan terus berupaya memperjuangkan kesejahteraan perempuan lewat produk legislasi, anggaran, dan pengawasan yang dilakukan DPR.

“DPR RI terus mendukung pemberdayaan perempuan, seperti dalam dukungan terhadap program Pemerintah dan juga alokasi APBN,” tegas Puan.