HOLOPIS.COM, JAKARTA – Miss Universe 2022 baru saja diselenggarakan dengan pemenang R’Bonney Gabriel, kontestan asal Amerika Serikat.

Wanita keturunan Filipina asal Texas Amerika Serikat tersebut berhasil mengalahkan 83 kontestan dari berbagai negara di dunia.

Namun, ada satu kontestan yang berhasil mencuri perhatian banyak orang. Kontestan asal Bahrain bernama Evlin Khalifa tersebut menolak untuk mengenakan bikini sebagai bagian dari kontes dan proses penyeleksian.

“Salah satu kandidat yang paling disukai dan diberitakan di mana-mana secara global,” tulis akun Instagram @missuniversebahrain, dikutip Holopis.com (13/1).

Foto tersebut menunjukkan foto Evlin tak mengenakan bikini seperti kontestan lainnya, dan menggantinya dengan ‘burkini’ pakaian ketat untuk berenang yang menutup seluruh tubuhnya kecuali bagian kepala.

Tak hanya menunjukkan tampilan yang sopan, burkini yang dikenakan Evlin juga menunjukkan pesan yang melawan Islamophobia.

Arab Women Should Be Represented. A Muslim Woman Can Also Be A Miss Universe (Wanita Arab Juga Harus Direpresentasikan, Wanita Muslim Bisa Menjadi Miss Universe),” demikian tulisan yang ada di burkini tersebut.

Penampilan berani dan berbeda dari Miss Bahrain ini mendulang pujian dari para netizen. Ada yang sampai terharu melihat penampilan Evlin.

https://www.instagram.com/p/CnW0YU3tM6b/

“Aku menangis ketika melihat penampilanmu, terima kasih untuk merepresentasikan kami para wanita muslim,” kata @marsyaliaa.

“Terima kasih telah memberikan pesan dengan jubahmu. Wanita Arab perlu direpresentasikan,” kata @dibchaleb.

“Ini bikin aku terharu,” kata @bndsselyan.