HOLOPIS.COM, JAKARTA – Anak Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani habis-habisan membela pernyataan ibunya yang menyebut Presiden Jokowi tidak ada apa-apanya tanpa PDIP.

Meskipun banyak pihak yang menilai itu sebagai sikap yang merendahkan derajat seorang Kepala Negara, Puan Maharani pun ngotot bahwa yang dilakukan ketua umum PDI Perjuangan itu sebagai tanda sayang.

“Ibu Mega itu sayang banget sama Pak Jokowi, dan hormat sekali dengan Pak Jokowi sebagai presiden. Karena itu acara internal PDIP. Dianggap semuanya itu anak-anaknya,” kata Puan dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Sabtu (14/1).

“Makanya sebelum pidato, Bu Mega mengatakan ‘kangen nggak dengan ibu?’ itu artinya Ibu Megawati ingin membawakan dirinya bukan hanya sebagai Ketum, tapi juga ibu,” sambungnya.

Ketua DPR itu pun berusaha menganalogikan pernyataan ibunya mengenai ‘tanpa PDIP’ itu sebagai sebuah wadah dan motivasi bagi kader-kader PDIP agar kerja keras meraih kesuksesan seperti Presiden Jokowi.

“Maksudnya PDIP adalah wadah. Ayo sama-sama kita maju, ayo sama-sama memberikan bakti kita untuk membangun bangsa dan negara,” klaimnya.

Dalam pernyataannya, Puan Maharani juga kemudian tidak mau kalah bahwa ibunya sempat memuji Jokowi dalam pidatonya di HUT PDIP ke 50.

“Bu Megawati juga di pidatonya memuji kan, ‘Pak Jokowi itu pinter lho, kalau nggak pinter ngapain saya mau sama Pak Jokowi’. Saya bisa melihat itu rasa sayang kepada adiknya. Bukan ingin merendahkan atau nggak hormat, itu kebalikan,” kilahnya.

Sikap pembelaan yang luar biasa pun menurut Puan, telah dilakukan Megawati saat menyebutkan bahwa dirinya pernah menangis ketika ada yang membully Jokowi dan bakal terdepan untuk membelanya.

“Artinya kan Bu Mega mau di depan untuk membela Pak Jokowi. Saya dapat melihat sebagai seorang ibu kepada, mungkin bisa dibilang adiknya, itu sayang banget dan hormat banget,” klaimnya.

“Sampai bilang ‘nggak apa-apa saya di-bully karena saya ingin belain Pak Jokowi.’ Itu kalau bukan sayang dan hormat, lantas apa? Pak Jokowi itu kan bukan keluarga tapi disampaikan seperti itu karena begitu sayangnya ibu dengan Pak Jokowi,” lanjutnya.