Selasa, 25 Juni 2024
BerandaKesehatanRuang HealingPerlunya Curhat untuk Menyadari Depresi yang Mungkin Sedang Kita Hadapi

Perlunya Curhat untuk Menyadari Depresi yang Mungkin Sedang Kita Hadapi

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Depresi adalah keadaan mental yang sering kita dengar, namun belum dipahami menyeluruh oleh masyarakat luas. Depresi adalah kondisi di mana seseorang merasakan murung, sedih, mudah tersinggung, mudah marah, dll.

Jika seseorang terlalu lama dibiarkan dengan depresi tanpa adanya bantuan profesional apapun, maka hal-hal lebih buruk dikhawatirkan bisa terjadi, seperti kekurangan gizi karena tidak memiliki mood makan, hingga rentan terkena penyakit karena imun rendah yang diakibatkan insomnia.

“Kesehatan jiwa terlalu lama dibiarkan dampaknya ke mana-mana. Misalnya insomnia parah bisa jadi lelah, imunitas pasti menurun. Hanya mood makan makanan manis, akhirnya jadi diabet,” demikian penjelasan dari Psikolog yang juga Ketua Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia wilayah Jakarta, Anna Surti Ariani, kepada Holopis.com, Jum’at (13/1).

Tak hanya itu, seseorang juga harus mengenali depresi yang ia rasakan sendiri. Meskipun tak semua menyadari kondisi yang ia lewati, Psikolog Anna mengatakan sangat penting untuk seseorang bercerita keluh kesahnya dengan orang terdekat.

Penerbit Iklan Google Adsense

“(Orang-orang) yang depresi kadang menyadari kadang tidak. Bisa dengan cerita kepada orang lain. Bisa juga diketahui setelah kunjungan dari teman-temannya kalau dia baru saja mengalami masalah besar,” kata Psikolog Anna.

Itu sebabnya diperlukan pengetahuan lebih tentang kondisi depresi. Jika kita mulai merasa tidak mood melakukan kegiatan apapun, lamban menggerakkan tubuh, tak bisa tidur atau bahkan terlalu banyak tidur, bisa jadi itu adalah gejala depresi.

Meski demikian, diingatkan pula bahwa diagnosis depresi hanya bisa dilakukan oleh profesional terlatih dan bukan sembarang orang.

“Yang bisa menegakkan diagnosis hanya profesional terlatih. Jika ada gejala terlihat, sebaiknya memeriksakan dirinya,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono
BERITA LAINNYA

Sering Overthinking di Malam Hari? Ternyata Ini Alasannya!

Overthinking atau terlalu banyak berpikir sering kali menjadi teman yang tidak diundang ketika malam tiba. Banyak orang mengalami kondisi ini, di mana pikiran-pikiran mereka terus berputar tanpa henti, sehingga mengganggu waktu istirahat.

Wah, Ternyata Dampak Daddy Issues Juga Bisa Dirasakan Anak Laki-laki

Fenomena ‘daddy issues’ saat ini sedang kerap kali dibahas, terutama oleh generasi millennial dan Gen Z yang melek terhadap media sosial.

Mau Selingkuh Aman dan Efektif, Begini Caranya

Perselingkuhan merupakan salah satu masalah yang kerap menghantui hubungan asmara antar anak Adam dan Hawa. Selingkuh sangat mungkin dilakukan oleh pasangan yang sudah menikah maupun yang masih dalam tahap pacaran.

5 Faktor Kasus Perundungan Masih Sering Terjadi

Kasus tentang perundungan di sekolah kembali viral di media sosial. Kali ini, kasus perundungan atau pembullyan terjadi di sebuah sekolah dasar (SD) di Ambon.

Fenomena Kerasukan di Indonesia, Diganggu Makhluk Halus Atau Skizofrenia?

Kesurupan dan skizofrenia adalah dua kondisi yang seringkali menjadi fokus perhatian dalam bidang psikologi. Meskipun keduanya memiliki gejala yang berbeda, ada beberapa perspektif psikologis yang menghubungkan kedua kondisi ini.

Cara Efektif Kelola Stres dan Kecemasan

Di era modern yang penuh dengan tuntutan dan kesibukan, stres dan kecemasan menjadi momok bagi banyak orang. Rasa cemas yang berlebihan dan stres yang berkepanjangan dapat berdampak negatif pada kesehatan mental dan fisik.

HOLOPIS FEEDS