HOLOPIS.COM, JAKARTA – Zainudin Amali selaku Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI menyampaikan, bahwa siapa pun dipersilahkan untuk mencalonkan diri sebagai Ketua Umum (Ketum) PSSI saat Kongres Luar Biasa (KLB) yang berlangsung pada 16 Februari 2023 mendatang.

“Kepada siapa pun yang ingin maju sebagai Ketua Umum PSSI di KLB yang akan datang dipersilahkan. Tak ada arahan untuk siapa pun, apalagi Presiden mengarahkan untuk nama tertentu,” ungkap Menpora Amali, sebagaimana rilis yang diterima Holopis.com, Selasa (10/1).

Lanjutnya, Menpora Amali juga menjelaskan bagaimana arahan dari Presiden Jokowi yang hanya menginginkan sepak bola Indonesia lebih baik lagi, sehingga dukungan pemerintah terus diberikan demi perkembangan sepak bola nasional.

“Sekali lagi perlu ditegaskan untuk KLB PSSI tanggal 16 Februari 2023 nanti silahkan saja yang memiliki hak suara utk memilih Ketua Umum dan Exco lainnya sesuai dengan penilaian mereka dan pertimbangan masing-masing siapa yang layak dan punya kapasitas untuk memimpin organisasi sepakbola Indonesia ini,” ucapnya.

Selain itu, Menpora Amali juga menyampaikan bahwa Presiden Jokowi meminta agar persiapan Indonesia yang akan menjadi tuan rumah piala Dunia U-20 pada Mei mendatang bisa dilakukan sebaik mungkin.

“Tahun ini, kita akan menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA U-20, untuk bapak Presiden meminta kepada semua pihak yang terkait untuk mempersiapkan dengan sebaik baiknya, karena itu akan menjadi modal besar kita bila suatu saat nanti ingin mencalonkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia FIFA (Senior),” pungkasnya.