HOLOPIS.COM, BOGOR – Presiden Jokowi menerima kunjungan kehormatan dari Perdana Menteri (PM) Malaysia Dato’ Seri Anwar Bin Ibrahim di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Dari hasil kunjungan tersebut, Jokowi memberikan apresiasi atas sejumlah dukungan dari pihak swasta Malaysia dalam progres pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Saya menyambut baik minat para investor malaysia dalam pembangunan IKN Nusantara. Sebelas Letter of Intent telah ditanda tangani oleh sektor swasta malaysia dan diserahkan kepada otoritas IKN yang bergerak di bidang elektronik, kesehatan, pengelolaan limbah, konstruksi dan properti,” kata Jokowi dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Senin (9/1).

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi juga mengaku ada beberapa kerja sama lainnya yang telah ditandatangani oleh kedua negara seperti di bidang perkapalan, pembiayaan ekspor-impor, dan energi hijau.

“Pengembangan industri baterai dan lainnya yang juga sudah ditanda tangani,” imbuhnya.

Selain itu, Jokowi juga mengucapkan selamat atas kesediaan Anwar Ibrahim yang langsung mengunjungi Indonesia pasca pelantikannya sebagai Perdana Menteri Malaysia pada beberapa waktu lalu.

“Saya ingin mengucapkan selamat atas pelantikan pak anwarsebagai PM ke 10 malaysia. Saya yakin di bawah kepemimpunan pak Anwar kerjasama Indonesia dan Malaysia akan semakin kuat. Malaysia bukan saja negara tetangga dekat Indonesia, namun kita juga merupakan bangsa serumpun dan memiliki hubungan yang sangat kokoh,” pungkasnya.

Dalam pertemuan tersebut kedua pemimpin diketahui juga telah melakukan penanaman pohon bersama di halaman belakang Istana. Adapun pohon yang ditanam adalah Pohon Merawan.

Usai menanam pohon, Presiden Jokowi mengajak PM Anwar Ibrahim berkeliling Kebun Raya Bogor dengan mengendarai buggy car yang dikendarai oleh Presiden Jokowi.