BerandaKesehatanRuang HealingLambat Bergerak Ternyata Bisa Jadi Gejala Depresi

Lambat Bergerak Ternyata Bisa Jadi Gejala Depresi

BACA JUGA

Berbagi Parsel Ramadan untuk Yatim dan Dhuafa

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Belakangan ini, kata depresi sedang banyak diperbincangkan dan viral di media sosial. Apalagi setelah cerita Tiko yang harus merawat ibunya yang ODGJ sendirian sejak usia 11 tahun.

ADVERTORIAL SPACE

Berbicara dengan Holopis.com, Senin (9/1), Psikolog yang juga Ketua Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia wilayah Jakarta, Anna Surti Ariani menjelaskan, depresi adalah kondisi kejiwaan dimana penderitanya mengalami mood yang menurun, perasaan sedih terus menurus, serta tak memiliki semangat untuk beraktivitas.

“Depresi juga bisa jadi indikator/gejala dari gangguan lain yang lebih dalam,” jelasnya.

Dijelaskan pula bahwa untuk menyebutkan seseorang mengalami depresi, harus berdasarkan diagnosa profesional dan tidak bisa asal disebut oleh masyarakat awam.

Jika dibiarkan secara berkepanjangan, depresi bisa memberikan banyak dampak yang fatal untuk diri sendiri maupun orang-orang di sekitarnya.

Agar menghindari depresi yang terlalu lama, ini gejala-gejala depresi untuk menyelamatkan orang-orang tersayang di sekitar kita.

• Murung terus menerus, sedih, dan sering menangis.
• Mudah tersinggung.
• Mudah marah.
• Perubahan nafsu makan (susah makan/terlalu banyak makan).
• Perubahan jadwal tidur (insomnia/hipersomnia).
• Berkurang minat terhadap hal yang dulunya disukai.
• Kesulitan konsentrasi.
• Tidak punya energi dan tidak bisa menggerakkan dirinya.
• Bergerak sangat lambat.

Psikolog Anna yang juga membuka praktik di Lembaga Psikologi Terapan UI (LPTUI) Depok tersebut mengatakan bahwa sangat penting untuk menolong orang dengan gejala depresi.

Hal itu untuk menghindari dampak-dampak serius depresi yang berkepanjangan seperti kekurangan gizi karena tidak napsu makan, hingga imunitas yang turun karena kurang istirahat sebagai dampak dari hipersomnia.

“Kesehatan jiwa terlalu lama dibiarkan dampaknya ke mana-mana, misalnya insomnia parah, badannya bisa jadi lelah, imunitas pasti menurun, penyakit yang diderita bisa menular. Atau hanya suka makanan manis, bisa jadi diabet,” ucapnya.

Nah, Sobat Holopis, selalu jaga kesehatan mental diri sendiri dan orang-orang terkasih ya!

ADVERTORIAL SPACE

Temukan kami di Google News. Kamu juga bisa dapatkan berita menarik dari WhatApp Channel Holopis. Join yuk guys... !

Advertorial

BERITA TERBARU

Rekomendasi :

Krisis Kesehatan Mental, Ini Cara Lindungi Orang Terdekat dari Bunuh Diri

Belakangan ini semakin banyak kabar terkait tragedi bunuh diri menjadi headline di berbagai pemberitaan. Tak hanya masyarakat, bahkan para selebriti juga tidak terlindungi dari depresi atau gangguan mental lainnya yang bisa membuat mereka untuk menyakiti diri sendiri.

4 Tips Menerima Kekalahan Agar Tak Iri Dengki di Bulan Ramadan

Dalam setiap kompetisi, pasti ada pihak yang berhasil mendapatkan kemenangan, dan ada yang harus menerima kekalahan. Kekalahan adalah bagian alami dari kehidupan. Baik dalam kompetisi, hubungan pribadi, atau bahkan dalam pencapaian pribadi, kita semua mengalami kegagalan dari waktu ke waktu.

5 Tips Memelihara Kesehatan Mental Agar Hidup Bahagia dan Tenang

Belakangan ini Sobat Holopis pasti sudah melihat berbagai berita tragis dan menyedihkan beberapa orang merusak hidup mereka dan orang lain karena gangguan menta yang tak tertangani.

Heboh Ibu Bunuh Anak Kandung, Apa Itu Gangguan Mental Skizofrenia?

Masyarakat Indonesia saat ini sedang dibuat heboh oleh kasus pembunuhan yang dilakukan seorang ibu berinisial SNF (26) terhadap anak kandungnya sendiri berinisial AM (5) di Kota Bekasi menyita perhatian.

Erotomania : Ketika Cinta Jadi Ilusi Kegilaan

Erotomania, fenomena psikologis yang unik dan jarang terjadi, dimana fenomena ini muncul ketika seseorang meyakini bahwa orang lain, yang biasanya tokoh publik atau figur terkenal, mencintainya secara diam-diam.

Apa Itu Star Syndrome? Kondisi Mental yang Pernah Dirasakan Marion Jola

Jebolan Indonesian Idol, Marion Jola bikin heboh netizen saat ia mengaku sempat mengidap star syndrome saat dirinya baru-baru saja meluncurkan karir hiburan di Tanah Air dan dikagumi karena bakat menyanyinya.

Fenomena Caleg Stress Karena Pemilu, Psikolog Klinis Beri Tips Cara Tangani

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Beberapa minggu belakangan ini, Sobat Holopis pasti sempat melihat beberapa video viral dan pemberitaan yang menunjukkan beberapa orang menjadi stress akibat...

Kasus bully, Psikolog : Ayah Berperan Besar Kepada Anak Laki-laki

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kasus bully atau perundungan saat ini sedang banyak dibahas masyarakat karena kasus yang menimpa anak presenter Vincent Rompies. Kasus ini pun...

Kasus Perundungan Meradang, Psikolog Klinis : Orang Tua Sibuk Bisa Jadi Faktor

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kasus perundungan atau bullying saat ini sedang hangat diperbincangkan masyarakat di Indonesia. Hal tersebut karena anak dari seorang presenter terkenal, Vincent...

Kasih Dia Tau : 5 Bahasa Tubuh Ketika Seseorang Sedang Berbohong

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Bahasa tubuh dapat memberikan petunjuk penting tentang apakah seseorang sedang berbohong atau tidak. Namun, perlu diingat bahwa tidak ada tanda tunggal...